56 Kelompok Meriahkan Pawai Kendaraan Hias dan Takbiran Gowa

Bupati Gowa bersama Wabup Gowa dan Forkopimda Kabupaten Gowa saat melepas peserta pawai kendaraan hias dan takbiran, di depan Masjid Agung Syekh Yusuf, Selasa (4/6) malam

HUMASGOWA – Jelang lebaran Idulfitri 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Gowa kembali menggelar Pawai Kendaraan Hias dan Takbiran Tingkat Kabupaten Gowa, yang titik star dimulai dari depan Masjid Agung Syekh Yusuf, Selasa (4/6).

Pada pawai kendaraan hias tersebut diikuti 56 Kelompok yang terdiri dari tiga kategori pertama SKPD sebanyak 37, remaja masjid 9 dan ormas 8.

Adapun rute yang dilalui star didepan Masjid Agung Syekh Yusuf, lalu belok kiri di Jalan Basoi Dg Bunga hingga Manggarupi, kemudian terus sampai melewati Kantor Lurah Paccinongan, belok kiri jl Abdul Muthalib Dg Narang hingga Andi Tonro, kemudian belok kanan di Jalan Agus Salim hingga Kantor Bupati dan finish kembali di Depan Masjid Agung Syekh Yusuf.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, dalam sambutannya sekaligus melepas secara resmi peserta pawai mengatakan, jika saat ini generasi muda islam harus bangkit dengan kreasi dan inovasi khususnya di Kabupaten Gowa guna membangun diri dan lingkungannya.

“Kegiatan ini tiada lain untuk menyemarakkan hari raya idulfitri dengan kegiatan bernuansa ibadah,” ungkap Adnan.

Selain itu, orang nomor satu di Gowa itu mengungkapkan setiap tahunnya pawai dan takbiran ini mendapatkan suport dan apresiasi dari komponen masyarakat sehingga syiar islam di Gowa bisa lebih berkembang lagi. “Ini juga menjadi bukti persatuan dan kesatuan kita dalam penyebaran islam yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Adnan mengajak masyarakat agar menumbuhkembangkan syiar agama di Gowa, salah satunya dengan kegiatan pawai kendaraan dan takbiran. Sehingga masyarakat semakin termotivasi dalam membesarkan dan mengaplikasikan ajaran islam.
“Kita berharap dengan momentum idulfitri ini bisa semakin memperkokoh kebersamaan dan kekompakaan. Sebab dengan kebersamaan maka keberhasilan dan prestasi bisa kita capai secara bersama-sama,” harap Adnan.

Sementara itu, Ketua Panitia, Syamsuddin B, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan pawai kendaraan hias dan takbiran ini sebagai sarana silaturrahmi antara semua elemen masyarakat Kabupaten Gowa, khususnya dalam menyemarakkan 1 Syawal 1440 Hijiriah sebagai Hari Raya idul Fitri dengan kumandang takbiran.

Dalam pawai tersebut, para peserta menampilkan kreasi dalam menghias kendaraan. Ada yang berbentuk kubah masjid, bedug, hingga Indonesia peduli Palestina.

Adapun kendaraan hias yang berhasil meraih juara yakni, untuk kategori SKPD dan Kecamatan, juara 1 RSUD Syekh Yusuf, juara 2 Dinas Pendidikan, juara 3 Dinas Perhubungan, harapan 1 Inspektorat Kab Gowa, harapan 2 Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil, dan harapan 3 Dinas Penanaman Modal dan PTSP

Selanjutnya, Kategori remaja masjid (RM), juara 1 RM Besar Limbung, juara 2 RM Baiturrahim Bonto-Bontoa, juara 3 RM Ridha Bontokamase, harapan 1 RM Nurul Muhsinin Paccinongan, harapan 2 RM Nurul Taqwa, dan harapan 3 RM Baiturrahman Bontokamase.

Kategori Ormas, juara 1 Perusda Holding Company, juara 2 Kreatif Remaja Tombolo, juara 3 Ikatan Pemuda Tombolo, harapan 1 Ikatan Pemuda Lingkungan Kalegowa, harapan 2 DPD LDII, dan harapan 3 PAC LDII Samata.

Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Bupati Gowa, unus Forkopimda Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. (NH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 9 =