Gowa Peringati Hari Otoda Ke XXIII

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat menjadi Irup pada peringatan hari Otoda, Kamis (25/4)

HUMASGOWA—– Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Gowa memperingati Hari Otoda Ke XXIII. Bertindak sebagai inspektur upacara
Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni. Peringatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa, Kamis (25/4) diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Pemkab Gowa.

Otoda ke XXIII kali ini mengangkat tema ‘Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Lebih Baik melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif’.

Dalam sambutan seragam Kemendagri, Tjahyo Kumolo, Abd rauf mengatakan bahwa perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai.

“Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana suatu daerah masyarakatnya didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreatifitas dan inovasinya,”ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa muara dari pelaksanaan Otoda adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat.

“Olehnya itu, diharapkan setiap daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potenai keragaman daerah,” tambah Wabup Gowa.

Sekadar diketahui, ada tiga hal prinsip yang berubah secara drastia setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah.

“Ketiga prinsip tersebut yakni, pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendoring budaya demokrasi ditengah -tengah kehidupan masyarakat, kedua, otonomi daerah telah menumbuh kebangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat, serta mengemukakan pikiran se ara terbuka dan ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melalui proses yang panjang,” jelas mantan Asisten Pemerintahan di hadapan seluruh peserta Upacara.

Dirinya pun menitipkan harapan, semoga dengan peringatan hari otonomi daerah para ASN diharapkan dapat merefleksikan kembali makna Otoda dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri terkhusus Kabupaten Gowa. (VH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =