Pemkab Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah 2019

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, saat menerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 yang diserahkan langsung Gubernur Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Kamis (11/4)

Humas, Gowa – Pencapaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam pelaksanaan pembangunan daerah dianggap berhasil. Hal ini terbukti dari penghargaan yang diterima dari Gubernur Sulawesi Selatan sebagai terbaik dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 pada kategori Kriteria Konsistensi dan Pencapaian.

Penghargaan yang diberikan di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Provinsi Sulsel diterima Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni dan diberikan langsung Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Wabub Gowa mengatakan, penghargaan yang diterima tentunya akan menjadi penggerak bagi pemerintah daerah utamanya seluruh SKPD dalam hal meningkatkan kinerja demi tercapainya pembangunan yang ditargetkan.

“Pencapaian yang diraih saat ini adalah berkat kerja keras seluruh pihak dan dukungan masyarakat. Utamanya terobosan-terobosan yang dilakukan Bapak Bupati Gowa dalam hal membangun daerah,” katanya usai menerima penghargaan, di Claro Hotel Makasar, Kamis (11/4).

Sementara Kepala Bappeda Gowa Taufik Mursad mengungkapkan, penghargaan tersebut adalah ketiga kalinya yang diterima. Bahkan Pemkab Gowa berhasil menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang berhasil menerima secara tiga tahun berturut-turut.

“Ini sesuatu yang membanggakan karena kita dapat mempertahankan konsistensi dan pencapaian pembangunan daerah,” katanya.

Penghargaan ini diraih karena Pemkab Gowa dinilai dapat mempertahankan kualitas penyusunan rencana kerja pembangunan daerah. Artinya, proses-proses pembangunan yang telah dilakukan bukan hanya sekadar memenuhi aspek formalitas, tetapi memang dianggap telah memiliki kualitas dalam hal merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

“Kita akan maksimalkan penghargaan yang diterima ini, bahkan ditargetkan bisa meningkat hingga menjadi nominasi ke tingkat nasional. Apalagi kita sudah mendapat prestasi ini yang ketiga kalinya,” ujar Taufik.

Penghargaan yang diraih ini tidak terlepas dari keberhasilan perencanaan pembangunan lima tahunan yang telah dicanangkan kepemimpinan Adnan-Kio. Diterimanya prestasi ini karena dinilai Pemkab Gowa mampu mencapai apa yang menjadi rencana pembangunan yang disusun, bahkan beberapa target-target pembangunan makro daerah mampu dilampau.

“Khusus di 2020 mendatang kita akan fokus pada pemantapan kualitas pembangunan infrastruktur daerah, daya saing ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia,” terangnya.

Musrenbang RKPD Tingkat Sulsel 2019 dihadiri seluruh bupati dan wali kota se Sulawesi Selatan (Sulsel). Juga dihadiri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman, Kepala Bappeda se-Sulsel, Pimpinan Forkopimda se-Sulsel, dan anggota DPRD se-Sulsel.

Mengambil tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Inklusif”, Musrenbang RKPD dibuka langsung oleh Mentri Pertanian Amran Sulaiman. (CH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 5