Wabup Gowa Hadiri Apel Kesiapsiagaan KHL Wilayah Sulsel

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan & Lahan di Wilayah Sulawesi Selatan di Halaman Parkir Trans Mall, Makassar, Kamis,15 Agustus 2019.

HUMASGOWA – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menghadiri Apel Gelar Terpadu dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (KHL) di Wilayah Sulsel, di Halaman Parkir Trans Studio Makassar, Kamis (15/8).

Kegiatan ini digelar untuk membangun komitmen bersama dalam menyelamatkan lingkungan dan permasalahan hutan yang timbul, terutama kerusakan hutan yang disebabkan oleh adanya kebakaran hutan dan lahan.

Abd Rauf mengaku sangat mendukung komitmen tersebut, apalagi Kabupaten Gowa wilayahnya sebagian besar dataran tinggi yang dipenuhi hutan.

“Kabupaten Gowa sekitar lebih dari 50 persen adalah dataran tinggi, sehingga kami tentunya sangat mendukung langkah Pemprov ini,” katanya.

Pada apel tersebut, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, bertindak sebagai inspektur apel mengatakan apel ini dilakukan untuk membangun sinergitas dalam menyelamatkan hutan dan lahan khususnya di Sulawesi Selatan.

“Pohon dan hutan adalah warisan kita kepada anak cucu dan penerus, sehingga perlu adanya kerjasama dalam menaggualangi kebakaran hutan. Apalagi saat ini masih musim kemarau yang rentang adanya kebakaran hutan,” ungkapnya dihadapan peserta apel.

Dikatakan Nurdin, sepanjang tahun 2018 kebakaran hutan di Sulsel mencapai 98 hektar, namun hal itu bisa saja meningkat dan meluas ditahun 2019 ini.

“Hujan belum turun juga, kondisi ini mendesak kita untuk berhati-hati. Untuk itu kami telah membentuk tim Brigade penanganan kebakaran yang beranggotakan sebanyak 668 personel brigade tersebar di Sulsel,” jelas Nurdin.

Olehnya dirinya berharap dengan adanya apel ini sinergitas bisa terjalin khusunya dalam menangani kebakaran hutan dan lahan untuk mewujudkan lingkungan yang ramah dan lestari.

Kegiatan ini diikuti oleh para anggota TNI, Polri, BPBD, anggota pemadam kebakaran. Turut hadir Pangdan XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Polres Gowa, dan Kasdim Gowa.(NH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × = 4