1.780 Peserta Ikut Jambore Cabang Gowa XII Tahun 2015

Jambore Cabang Gowa XII
Sekda Gowa, H Muchlis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Jambore Cabang Gowa XII Tahun 2015. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis membuka secara resmi Jambore Cabang Gowa XII Tahun 2015 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cadika, Desa Pa’bentengang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Senin (26/10) pagi.

Jambore yang berlangsung selama lima hari hingga 31 Oktober mendatang ini diikuti sebanyak  1.780 orang peserta Pramuka Penggalang yang terdiri dari 778 orang peserta puteri dan 1.002 orang peserta putera. Sedangkan untuk pembina diikuti sebanyak 224 orang pembina yang terdiri dari 97 orang pembina putera dan 127 orang pembina puteri dengan 212 jumlah pangkalan.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana, H Idris Faisal Kadir menjelaskan, Jambore yang mengangkat tema “Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter” ini merupakan perkemahan besar bagi anggota Pramuka Penggalang yang dilaksanakan lima tahun sekali sebagai wahana dan sarana pendidikan yang strategis untuk mengembangkan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan bagi Pramuka Penggalang sebagai kader pembaharuan bangsa di masa depan.

“Jamcab 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, ketrampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma,” jelas Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kab Gowa ini.

Sekda Gowa mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. “Gerakan Pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian nasional generasimuda bangsa,” kata H Muchlis yang sekaligus merupakan Ketua Panitia Pelaksana Jambore Cabang Gowa XII ini.

Secara khusus Muchlis berpesan kepada seluruh jajaran Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa untuk memberikan dukungan dan fasilitasi, baik pembentukan dan perluasan Gugus Depan berbasis sekolah, maupun komunitas di seluruh pelosok Kabupaten Gowa.

“Perkokoh peran Gerakan Pramuka sebagai sistem pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa, jadikan pula Gerakan Pramuka sebagai pelindung kaum muda dari potensi ancaman radikalisme, terorisme, serta penyalahgunaan narkoba,” pesan Sekda Gowa ini ketika membuka kegiatan lima tahunan tersebut.

Jambore Cabang ini merupakan salah satu upaya untuk mengaktifkan kembali berbagai kegiatan kepramukaan sekaligus ajang mempersiapkan calon peserta Kwarcab Gowa mengikuti Jambore Nasional Tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2016 di Cibubur.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

89 + = 98