10 Butir Telur dan 7 Ton Beras di Perayaan Maudu Adaka Ri Gowa

Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menyerahkan shadaqah beras maudu kepada perwakilan masyarakat pra-sejahtera. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Meskipun diwarnai dengan turunnya hujan, namun Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 12 Rabiulawal 1435 H di Kabupaten Gowa berlangsung meriah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama ratusan masyarakatnya terlihat antusias mengikuti agenda tahunan yang terkenal dengan nama Maudu Adaka Ri Gowa.

Perayaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2014 ini semakin meriah dengan hadirnya mobil-mobil berhias telur dan hasil bumi dari 18 kecamatan, SKPD Lingkup Pemkab Gowa, majelis taklim dan organisasi masyarakat se-Kabupaten Gowa. Masyarakat saling berebut 10 ribu butir telur hias dan kanre maudu serta hasil bumi yang menghiasi dua bakul Maudu raksasa yang berdiameter 3 meter dan mobil-mobil hias tersebut.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa menyerahkan secara simbolis kanre maudu dan shadaqah beras maudu kepada perwakilan masyarakat pra-sejahtera. Beras yang disediakan oleh Pemkab Gowa sebanyak 7 ton beras.

Bupati juga menyerahkan piala kepada masing-masing pemenang lomba Bakul Maudu, untuk SKPD masing-masing diraih oleh Juara I Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Juara II Dinas Kesehatan, Juara III Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta Juara Harapan I Dinas Perikanan, Peternakan dan Kelautan.

Sementara untuk Kecamatan Juara I hingga Juara Harapan I masing-masing diraih Kecamatan Pallangga, Bungaya, Bontomarannu dan Somba Opu serta untuk instansi swasta dan organisasi masyarakat masing-masing diraih oleh PDAM, Perusda HCGM, PLN dan Bank Sulselbar. Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo mengatakan, melalui momentum Maudu Adaka Ri Gowa ini kita berharap dapat memberikan hikmah dan manfaat yang positif bagi Pemerintah Kabupaten Gowa dan masyarakat banyak untuk merasakan kebahagiaan lahir dan batin. “Saya berharap kepada kita semua, mari Maudu Adaka ini dijaga untuk dilestarikan karena ritual ini merupakan pencerminanan nilai kesyukuran para pejabat di Gowa dalam setahun mereka mendapat rezeki untuk mensedekahkan dan berbagi kebahagiaan kepada rakyat miskin di Gowa,” pesan Ichsan kepada para pejabat dan ribuan masyarakat Gowa yang hadir di acara tersebut.

Ichsan pun mengungkapkan rencananya, untuk kembali menggelar Maudu Adaka yang lebih besar pada tahun 2015 mendatang di Museum Istana Balla Lompoa. Perayaan yang diawali dengan Barasanji di Museum Istana Balla Lompoa ini kemudian diakhiri dengan tauziah Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Ustads DR H Syahrir Nuhung.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 × 1 =