20 Camat Pemkab Magelang Kunker di Gowa

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima kunjungan kerja jajaran Pemkab Magelang, Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 20 orang camat se-Kabupaten Magelang, Kamis (17/12).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Magelang, Eko Priyono ini diterima oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Gowa, H Muh Asrul di Baruga Krg Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa.

Asisten Pemerintahan Pemkab Magelang, Eko Priyono mengatakan, banyak hal yang ingin kami ketahui dan belajar banyak tentang keberhasilan yang telah dicapai oleh Kabupaten Gowa, khususnya kali ini yang berkaitan dengan desa.

“Para camat ini slalu dikejar-kejar berkenaan dengan transfer percepatan pencairan dana desa dimana pada tahun 2015 alokasi dana desa di Magelang sebesar 101 milyar rupiah dan pada tahun 2016 mendapatkan alokasi dana sebesar 226 milyar rupiah, sehingga kami ingin mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa di Kabupatem Gowa,” terang Eko Priyono menjelaskan maksud dan tujuan kunker yang dilakukannya bersama para camat se-Kabupaten Magelang.

Kepala BPMPD Kab Gowa, H Muh Asrul menjelaskan, dalam upaya tata kelola pemerintahan desa khususnya untuk pengelolaan dana untuk desa di Kabupaten Gowa telah dialokasikan anggaran dengan rincian ADD dari APBD sebesar Rp 72.165.544.943,- untuk 121 desa, sedangkan dana desa dari APBN sebesar Rp 35.072.370.000,- untuk 121 desa dan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) sebesar Rp 9.200.000.000,- untuk 46 kelurahan.

Diakhir pertemuan, kedua Pemkab ini saling bertukar cinderamata dan melakukan dialog terkait penyelenggaraan dan pengelolaan anggaran dana.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =