43 Perusahaan Ramaikan Job Matching SMK Kabupaten Gowa
Job Matching SMK
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menabuh gebdang sebagai tanda dibukanya Job Matching SMK Kabupaten Gowa Tahun 2016. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka secara resmi kegiatan Job Matching SMK 2016 yang berlangsung di Baruga Punggawa, SMK Negeri 2 Somba Opu, Selasa (8/11) pagi.

Kepala SMK Negeri 2 Somba Opu, Asman Nur menjelaskan, job matching ini merupakan road show terakhir secara nasional hasil kerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI.

“Untuk Sulawesi Selatan, Kota Makassar dan Gowa yang terpilih untuk melaksanakan program pemasaran tamatan SMK Job Matching ini,” kata Asman.

Asman menambahkan, kegiatan yang sudah dipersiapkan sejak Agustus lalu ini diikuti instansi terkait sebanyak 43 perusahaan yang mampu menyerap 4.527 peluang kerja. “Job Matching SMK ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk memberikan peluang kerja bagi alumni SMK Kabupaten Gowa karena alumni SMK asal Gowa memiliki kompetensi untuk bersaing mendapatkan pekerjaan pada Job Matching ini,” tambahnya.

Perwakilan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI, Agus Wibowo mengatakan, program Job Matching ini merupakan program nasional Kemendikbud RI yang dilaksanakan di 34 provinsi yang bertujuan untuk mempertemukan pencari kerja dengan dunia usaha dan industri.

“Kegiatan pemasaran tamatan SMK ini untuk pempromosikan sumber daya SMK dengan dunia usaha dan industri untuk memberikan peluang kompetensi yang dimiliki untuk menemukan tenaga kerja menengah dan meningkatkan daya serap alumni SMK di lapangan kerja,” kata Agus dihadapan para pelajar dan alumni SMK Negeri 2 Somba Opu.

Menurut Agus, program ini mendapat tanggapan positif bagi perusahaan dan industri, atas program ini dalam peningkatan citra SMK dan meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi pengangguran bagi SMK.

Bupati Gowa juga menyambut positif adanya program job matching SMK ini. “Kita berharap pendidikan dan lapangan kerja semakin baik dan kita mampu menjawab tantangan ini lebih baik,
hari ini terobosan yang ditempatkan di Kabupaten Gowa sangatlah tepat karena ini merupakanupaya kita mempersiapkan anak-anak kita agar mampu menjawab tantangan bangsa ini di masa yang akan datang dengan mengundang dunia usaha untuk menyiapkan lapangan kerja agar apabila mereka tamat pendidikan SMK sudah ada lapangan pekerjaan untuk mereka,” harap Adnan.

Adnan menambahkan, pemilihan Kabupaten Gowa sebagai lokasi pelaksanaan program nasional ini sangatlah tepat karena Pemerintah Kabupaten Gowa memiliki fokus utama adalah pendidikan. “Kekayaan suatu daerah bukan diukur dari sumber daya alamnya tetapi berada di sumber daya manusianya, siapa yang bangun SDMnya akan menjadi daerah yang berkembang di masa yang akan datang,” kata bupati termuda KTI ini.

Harapan juga diutarakan orang nomor satu di Gowa ini kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam job matching SMK ini. “Saya titipkan anak-anak Kabupaten gowa bekerja di perusahaan kita’ semua,” pesan Adnan.

Kegiatan yang diisi dengan bursa kerja, seminar pendidikan, talkshow, lomba seni dan budaya selama dua hari ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Dikorda Kabupaten Gowa, H Sappe Mangiriang, para pengajar, pelajar dan alumni SMK Negeri 2 Somba Opu. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

3 × = 15