680 Personil Pengamanan Diturunkan Pada Pemilukada Gowa

Operasi  Mantap Praja 2015
Kapolres Gowa, AKBP Hery Marwanto menyematkan pita atribut personil Operasi Mantap Praja Tahun 2015. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Kapolres Gowa, AKBP Hery Marwanto bertindak sebagai inspektur upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2015 di Kantor Polres Gowa, Rabu (26/8). Sebanyak 680 orang personil diturunkan pada Operasi Mantap Praja Tahun 2015 dalam rangka pengamanan Pemilukada Gowa Tahun 2015 ini.

Apel yang ditandai dengan pemasangan pita atribut olehKapolres Gowa, AKBP Hery Marwanto kepada perwakilan personil ini turut hadir dalam apel ini Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa, H Muchlis dan Dandim 1409/Gowa, Letkol Kav Demak Samuel Sianturi dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Gowa. 

Hery menjelaskan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka pengamanan kegiatan Pemilukada. “Gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sebelum diturunkan ke lapangan,” jelas Kapolres Gowa ini.

Hery menambahkan, Polres Gowa telah menyiapkan 2/3 kuat pers dari seluruh kekuatan yang ada guna mengamankan setiap tahapan pelaksanaan Pemilukada Gowa Tahun 2015 dan dalam pelaksanaannya akan diback up dari Satgas Polda Sulsel dan Satgas Kodim 1409 Gowa.

Tahapan inti pelaksanaan Pemilukada Gowa diantaranya adalah pengamanan kampanye oleh masing-masing pasangan calon atau tim kampanye baik dalam bentuk penyampaian visi dan misi, deklarasi dan kampanye damai, rapat umum serta debat publik pasangan calon akan dimulai pada 27 Agustus 2015 hingga 5 Desember 2015 selama 101 hari.

“Kemudian tahapan masa tenang pada 6 hingga 8 Desember 2015, selanjutnya pada tanggal 9 Desember 2015 akan diselenggarakan pengamanan pemungutan suara pada TPS-TPS yang ditentukan di seluruh wilayah Kabupaten Gowa,” terang AKBP Hery Marwanto kepada peserta apel. Pengamanan berlanjut pada 10 hingga 18 Desember 2015 dengan tahapan rekapitulasi hasil pemungutan suara yang bertempat di Kantor PPK masing-masing kecamatan dan Kantor KPU, sekaligus pengamanan penetapan Pasangan Calon (Paslon) terpilih di Kabupaten Gowa pada 21-22 Desember 2015.

Kapolres Gowa, AKBP Hery Marwanto berharap dengan pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2015 dapat terselenggaranya Pemilukada Gowa yang tertib dan lancar serta tidak terjadinya ketidakpuasan yang akan menimbulkan potensi konflik antar massa pendukung masing-masing paslon. “Kami harap dapat tercipta dan terjaganya sarana, prasarana dan inventaris Pemilukada Gowa serta terjaminnya rasa aman bagi seluruh masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebelum, pada saat dan setelah Pemilukada,” pesan Hery kepada seluruh personil.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 65 = 74