77 Peserta Ikut Ujian Tertulis Masuk UGM

Media7
Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo membaca soal tes tertulis masuk UGM. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Sebanyak 77 orang siswa/siswi berprestasi se-Kabupaten Gowa mengikuti ujian tertulis seleksi masuk Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta di Kabupaten Gowa. Ujian yang merupakan program kerjasama dalam bidang pendidikan antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan UGM ini berlangsung di Gedung Balai Diklat Kabupaten Gowa, Selasa (28/4).

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kab Gowa, H Sappe Mangiriang dan Kepala Seksi Kelembagaan UGM, Ahmad Sulaiman memantau langsung jalannya proses seleksi yang terdiri dari dua jenis tes ini yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Akademik.

Ichsan Yasin Limpo ketika memberikan pengarahan pada ujian tersebut mengatakan, program ini merupakan Program Investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Seperempat Abad yang merupakan kelanjutan dari berbagai program pendidikan di Kabupaten Gowa yang dimulai sejak tahun 2007 dengan Program Pendidikan Gratis dari tingkat SD hingga SMU yang tidak dikenakan biaya sama sekali atau bebas pungutan.

Bupati dua periode ini berpesan kepada para peserta untuk belajar lebih serius sebab program ini dibiayai sepenuhnya oleh Pemkab Gowa mulai masuk hingga selesai kuliah, namun apabila siswa atau siswi putus sekolah atau kuliah maka orang tua siswa wajib mengembalikan biaya tiga kali lipat dari biaya yang telah dikeluarkan oleh Pemkab Gowa. “Tugasmu hanya belajar, belajar dan belajar serta usahakan tidak putus sekolah atau kuliah. Kalau kalian lulus tidak harus kembali ke Gowa, boleh mengabdi di daerah lain yang penting tidak untuk luar negeri karena investasi ini untuk Indonesia,” terang Ichsan.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan UGM, Ahmad Sulaiman menyatakan terima kasihnya kepada Pemkab Gowa atas kepercayaan yang telah diberikan untuk ikut berpartisipasi meningkatkan SDM di Kabupaten Gowa. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi awal yang lebih baik dalam kerjasama ini,” ungkap Ahmad Sulaiman.

Ujian tertulis yang berlangsung selama sehari ini nantinya akan memilih 20 peserta terbaik yang akan melanjutkan pendidikan di UGM Yogyakarta.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 80 = 90