Kelompok UP2K PKK Gowa Dilatih Perbaikan Kemasan Produk di Era Digital

HUMASGOWA—–Di era digital kemasan produk bagi kelompok usaha dianggap penting. Hal ini agar produk-produk yang ditawarkan mampu memenuhi pasar saat ini.

Dalam mendorong kualitas produk melalui kemasan bagi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa memberikan Pelatihan Packaging Kemasan dan Digital Marketing yang berlangsubg di Hotel Grand Imawan, Makassar, Jum’at (9/8).

Kegiatan ini tak hanya diikuti Kelompok UP2K PKK saja tetapi juga para pelaku usaha lainnya di wilayah Kabupaten Gowa.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf mengatakan, saat ini kemasan memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran produk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kemasan bukan hanya harus sesuai dengan preferensi dan kebutuhan target pasar, namun juga memiliki dampak besar pada keputusan pembelian bagi konsumen.

“Karenanya, penting untuk memahami kebutuhan konsumen dalam merancang kemasan yang tepat. Dengan kemasan yang baik, kita dapat memperkuat citra merek, meningkatkan penjualan dan menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen,” kata Mussadiyah dihadapan peserta pelatihan.

Lanjutnya, pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan dan membantu para pelaku usaha agar lebih memahami pentingnya penggunaan kemasan untuk meningkatkan kualitas produk. Termasuk melatih peserta agar menguasai teknik pemasaran melalui media sosial dan jaringan internet dengan pembuatan konten menarik dengan sarana digital marketing agar dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan untuk meningkatkan perekonomian.

“Masih banyak industri lokal yang memasarkan produk secara tradisional sehingga memerlukan bantuan untuk melakukan pemasaran secara efektif dan efisien. Produk yang dipasarkan melalui media sosial dan e-commerce dapat dijangkau oleh konsumen yang lebih luas sehingga kita dapat meningkatkan penjualan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga selalu Sekretaris Pokja II TP PKK Kabupaten Gowa, Irawati menyampaikan, tujuan dari pelatihan ini adalah agar para pelaku UP2K jangkauan konsumennya lebih banyak dengan cara yang efisien.

“Selain itu, dengan pelatihan Packaging ini, para pelaku UP2K dapat mengikuti perkembangan di era digital. Dan yang tidak kalah penting adalah Untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” ujarnya.

Pada pelatihan ini juga TP PKK Kabupaten Gowa menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya serta memberikan ilmu tentang digital marketing atau pemasaran digital.

Pelatihan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gowa, Muh Basir, juga dihadiri sebanyak 80 peserta yang terdiri dari pelaku UP2K dan UMKM se-Kabupaten Gowa. (AF)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 6 = 54