Adnan Buka Festival Bedug dan Takbiran
Festival Bedug
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menabuhkan bedug sebagai tanda dibukanya Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Sulsel yang berlangsung di Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka secara resmi Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 1438 H / 2017 M yang ditandai dengan pemukulan bedug di Halaman Gedung Haji Bate, Minggu (17/6) malam.

Festival ini turut dihadiri Asisten II Provinsi Sulsel, para Muspida Kabupaten Gowa, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Abd Rahmansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kepala Kantor Kementrian Agama, H Anwar Abu Bakar, para pimpinan OPD, para Camat, beserta PNS lingkup Pemkab Gowa serta para masyarakat yang nampak antusias menyaksikan kegiatan tahunan ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Syamsuddin Bidol melaporkan, festival yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 17 Juni hingga 19 Juni ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat dan juga untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang diikuti pemula dan profesional.

“Festival bedug dan takbiran yang telah berjalan selama kurang lebih enam tahun, dilaksanakan di bulan suci ramadhan ini diikuti sebanyak 28 peserta yang dibagi menjadi 2 tim kategori dari profesional 10 dan 18 dari pemula yang berasal berbagai kabupaten pemerintahan, sanggar seni, dan remaja masjid,” terang Syamsuddin Bidol.

Adnan mengatakan tujuan diadakannya Festival Bedug dan Takbiran ini agar dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjalankan ibadah amaliah untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ini merupakan ajang para generasi muda Islam saat ini dapat mengenal dan melestarikan seni budaya Islam. Dengan diadakannya festival ini mereka dapat merasa bangga dengan karya seni religi, serta dapat menumbuhkan perasaan senang terhadap budaya lokal yang sarat dengan nilai-nilai Islam”, ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Bupati Gowa mengharapkan, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi kita sebagai umat Islam terhadap pentingnya penghayatan nilai syiar Islam. Di samping itu,
juga dapat meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kita terhadap kepada Allah SWT untuk berbuat kebaikan dan meraih kemenangan setelah digembleng selama bulan ramadhan, serta menjadi ajang segala pengembangan minat dan bakat generasi muda.

Diakhir kegiatan ini diadakan pula Fashion Show Busana Muslim oleh Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Gowa yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

88 − = 79