Adnan Hadiri Forum Serah Terima Penyuluh KKBPK
Penyuluh KB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan penandatangan serah terima penyuluh KKBPK. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menghadiri acara Forum Serah Terima Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dari Kabupaten/Kota ke BKKBN, di Hotel Grand Clarion Makassar, Selasa (25/7).

Kehadiran Adnan pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana turut didampingi Ketua DPRD Kabupaten Gowa, H Anzar Zaenal Bate, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa, Sofyan Daud.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo yang membuka secara resmi acara ini mengatakan, tugas kita sebagai pemerintah hanya satu yaitu mengurusi masalah ketentraman dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Ini harus menjadi pegangan dan perhatian yang tidak boleh dipisahkan antara fungsi pemerintah pusat dan daerah, yang harus terus menjalin komunikasi dan sinergitas agar semua program, utamanya program keluarga berencana ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” jelas Syahrul.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Nuryanto menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka proses pengalihan pengelolaan tenaga penyuluh keluarga berencana akan diambil alih status kepegawaiannya dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat.

“Ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat yang akan memberikan fasilitasi dan biaya operasional penyuluh KB, tapi pemerintah daerah pun tidak boleh lepas tanggung jawab begitu saja, pemerintah pusat dan daerah harus terus memperhatikan dan memantau segala kegiatan dan seluruh aktivitas yang dilaksanakan diseluruh kabupaten/kota,” jelasnya.

Serah terima jabatan ini dilaksanakan setelah Kegiatan Review Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 6 = 24