Adnan Serahkan Bantuan Untuk Petani

Penyerahan Bantuan Gapoktan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menyerahkan buku rekening bantuan kepada Kelompok Tani -foto/humas-

SUNGGUMINASA——-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL  menyerahkah buku rekening penerima bantuan pemerintah kepada 39 kelompok tani di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (9/6).

Kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2010 melalui dana Dekonsentrasi tahun anggaran 2016 yang  merupakan dana pelimpahan dari Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Provinsi Sulawesi Selatan ke Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa dengan alokasi APBN sebesar Rp 1,5 Miliar.

Bantuan tersebut diperuntukkan kepada beberapa kelompok tani  yaitu; Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat  (PUPM), Penguatan Lembaga Distribusi Pangan (P-LDPM) dan Percepatan Keanekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP).

Nilai bantuan yang diterima  juga bervariasi mulai Rp 10 juta hingga Rp 200 juta tergantung jumlah gapoktan di tiap lembaga yang menerima dan tujuan.

Pembelian gabah petani sekaligus untuk stabilitasi  harga gabah dan penguatan cadangan pangan merupakan tujuan disalurkannya bantuan ini.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kab Gowa, Hj. Nurlela menjelaskan program ini. “Bantuan ini berasal dari pusat yang dilimpahkan ke Pemprov Sulsel untuk selanjutnya disalurkan melalui Pemkab ke gapoktan yang berhak,” jelasnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL yang menyerahkan bantuan menyatakan dukungannya.  “Saya mendukung program ini  karena akan membantu mewujudkan stabilisasi harga pangan mulai dari tingkat rumah tangga petani. Sekaligus melakukan  pengembangan unit-unit usaha dan pembangunan sarana penyimpanan milik gapoktan agar dapat meningkatkan posisi tawar menawar petani,” urai orang nomor satu di Gowa.

Program ini merupakan wujud dari nawacita agenda prioritas kabinet kerja yang mengarahkan pembangunan pertanian. Target kedepan untuk mewujudkan kedaulatan pangan agar indonesia sebagai bangsa dapat mengatur dan memenuhi kebutuhan pangannya.

Adnan juga berpesan agar gapoktan dan kelompok tani dapat mengelola bantuan sesuai peruntukannya sehingga tercipta stabilitas harga pangan dan ketercukupan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 − = 27