Aparatur Desa Harus Fokus Kelola Keuangan Daerah

Upeks

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2015 yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (10/2).

Kegiatan yang diikuti 334 orang peserta yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, lurah dan sekretaris lurah ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo. Turut pula hadir dalam kegiatan ini, jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Gowa, Kepala BPMPD Kabupaten Gowa, H Abd Rauf beserta para pimpinan SKPD dan camat se-Kabupaten Gowa.

Kepala BPMPD Gowa, H Abd Rauf menjelaskan, kegiatan yang berdasar pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa TA 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme aparatur desa dan kelurahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Para aparatur desa dan kelurahan diharapkan dapat meningkatkan wawasannya berkaitan dengan manajemen dan mekanisme pengelolaan keuangan dan kekayaan desa dan kelurahan serta teknis perencanaan pembangunan desa dan kelurahan,” ungkap H Abd Rauf.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo memaparkan, kegiatan ini sebagai bentuk konsekuensi Pemkab Gowa yang telah mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) dalam APBD Kabupaten Gowa TA 2015 sebesar Rp 81.385.544.943,-, dimana pada tahun 2014 lalu hanya sebesar Rp 14.022.337.557,- sedangkan untuk dana desa dari APBN dialokasikan sebesar Rp 13.419.725.925,-.

“Kita harus memiliki satu pemahaman dan fokus dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah dan negara,” ptegas bupati dua periode kepada para aparatur desa dan kelurahan yang ikut dalam pelatihan tersebut.
Ichsan juga menitip pesan agar para apatur desa dan kelurahan harus meningkatkan dan mengedepankan pelayanan publik kepada masyarakat.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatangan MoU tentang pengembangan koran Fajar dan Cakrawala antara Pemkab Gowa dengan Harian Fajar dan Harian Cakrawala. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo dengan Direktur PT Media Fajar, H Faisal Syam dan Direktur Cakrawala New, Herwin Bahar.

“Penandatanganan MoU ini merupakan ide baru untuk di Sulsel dan pertama dilakukan di Kabupaten Gowa yakni dengan adanya program Desa Masuk Koran agar apa yang dikerjakan aparatur desa dan kelurahan serta kelebihan yang miliki deda tersebut dapat diekspos dan menjadi contoh bagi desa lain,” beber Ichsan tentang penandatangan MoU tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 8 = 40