Appalili Tandai Awal Musim Tanam di Gowa

Musyawarah Appalili Kabupaten Gowa Tahun 2015
Sekkab Gowa, H Muchlis membuka secara resmi Musyawarah Appalili Kabupaten Gowa Tahun 2015. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura menggelar Musyawarah Appalili Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2015 yang berlangsung di Danau Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Jum’at (20/11).

Musyawarah Appalili yang mengawali musim tanam ini mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Produksi dan Produktivitas Menuju Swasembada Pangan Nasional” dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten Gowa, H Muchlis.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab Gowa, H Zulkarnaen menjelaskan, appalili ini bertujuan mempertemukan antara petani/KTNA dengan tim teknis dan para stakeholder untuk menyamakan persepsi tentang rencana pengembangan pertanian Kabupaten Gowa tahun 2016 dan untuk saling tukar menukar informasi dan pengalaman serta mengungkapkan masalah yang dihadapi petani untuk dicarikan solusinya.

“Dinas Pertanian Kabupaten Gowa telah memfasilitasi Upaya Khusus (UPSUS) padi, jagung dan kedelai yang meliputi kegiatan optimasi, refocusing, GP PTT, SRI, Jaringan Irigasi, pendampingan dan pengawalan P2BN dan lain sebagainya,” jelas H Zulkarnaen.

Zulkarnaen menambahkan, pada MT 2014/2015 dan MT 2015, luas capaian pada usaha tanaman pangan meliputi komoditi padi dengan luas tanam 40.589 Ha, luas panen 52.477 Ha dan produktivitas 62,23 kw/Ha, komoditi jagung dengan luas tanam 21.660 Ha, luas panen 38.711 Ha dan produktivitas 56,76 kw/Ha serta komoditi kedelai dengan luas tanam 5.888 Ha, luas panen 1.579 Ha dan produktivitas 24,84 kw/Ha.

Sementara itu, Sekkab Gowa, H Muchlis mengatakan, musyawarah appalili ini merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun menurun yang dikemas dalam bentuk upacara adat untuk menandai awal musim tanam. “Kegiatan tahunan ini sebagai bentuk konsistensi kita dalam mempertahankan dan menjaga kebersamaan kita dalam mendukung progam swasembada pangan,” kata Muchlis.

Musyawarah Appalili ini turut dihadiri Kepala UPTD Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, H Andi Parenrengi, Wakil Ketua DPRD Kab Gowa, Hamli Halim, para camat se-Kabupaten Gowa, para kepala cabang Dinas Pertanian dan penyuluh pertanian se-Kabupaten Gowa serta para ketua KTNA, kelompok tani, pemuda tani dan wanita tani se-Kabupaten Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 − = 18