Asdep Kemenpera Serahkan BSPS

Ket.Gambar: Asdep Evaluasi Perumahan Swadaya, Eko Poerwanto didampingi Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menyerahkan buku rekening BSPS secara simbolis kepada masyarakat. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya, Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI, Eko D Poerwanto menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Gowa. Penyerahan yang turut dihadiri Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo ini berlangsung di Tribun Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jum’at (1/11).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gowa, H Mundoap menjelaskan, tujuan program yang bekerjasama dengan Bank BRI Sungguminasa ini guna mendorong Masyarakat Berpenghasil Rendah (MBR) Kabupaten Gowa membangun sendiri rumah yang layak huni dan atau lingkungan yang sehat serta aman.

“Penyediaan penerima dana BSPS Tahun Anggaran 2013 di Kabupaten Gowa berjumlah 1.414 unit yang terdiri dari 19 unit pembangunan baru dan 1.395 unit peningkatan kualitas di sembilan desa dari empat kecamatan yakni Bontonompo, Tompobulu, Biringbulu dan Tombolopao,” terangnya di hadapan ribuan masyarakat yang menjadi sasaran program ini.

Pembiayaan untuk BSPS ini melalui APBN Tahun Anggaran 2013 Satuan Kerja Pemberdayaan Perumahan Swadaya Kemenpera sebesar Rp 10.747.500.000,-.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menjelaskan, bantuan ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni melalui program ini. “Program ini bukan dari pihak manapun tetapi langsung dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” ungkapnya.

Asdep Evaluasi Perumahan Swadaya, Eko D Poerwanto berharap bantuan ini bisa disinergikan kepada masyarakat dimana para camat dan kepala desa sangat berperan dalam pelaksanaan program tersebut. “Camat dan kades sangat berperan memobilisasi SDM yang ada di wilayahnya untuk memerangi rumah tidak layak huni,” harap Eko D Poerwanto.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =