Bantu Gowa Tekan Penularan Covid, Kemenkes RI Serahkan Bantuan APD

Humas Gowa—–Pemerintah pusat Republik Indonesia (RI) terus berkomitmen untuk mengurangi angka penularan Covid-19 di Indonesia, salah satunya memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) yang saat ini dilakukan di Kabupaten Gowa.

Penyerahan tersebut diserahkan langsung Koordinator tim dari Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, dr Dedi Ahmadi kepada Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (1/10).

Adapun beberapa bantuan yang diserahkan yakni masker bedah 200 buah, masker N95 100 buah, baju hazmat 240 buah, RDT 1.000 paket, handscoen medis 250 pasang, alkohol 90 persen 5 liter, surveilans Covid, obat-obatan, kie tentang Covid (penyuluhan).

dr Dedi Ahmadi mengatakan bantuan ini sejalan dengan perda yang ada di Kabupaten Gowa yaitu wajib memakai masker dan penerapan protokol kesehatan, sehingga untuk menekan angka penularan, pusat melalui Kemenkes RI turut memfasilitasi hal itu.

“Bantuan ini sesuai dengan Perda Gowa untuk menurunkan angka kesembuhan dan kematian. Jadi kami dari pusat dalam hal ini Kemenkes untuk membantu dan menfasilitasi apa yang dibutuhkan yang bertujuan agar kesadaran masyarakat meningkat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selain menyerahkan bantuan, koodinator tim mengaku kunjungannya bersama seluruh tim untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kendala yang dihadapi dalam penanganan Covid-19, baik dari segi logistik hingga tenaga kesehatan, mulai dari RSUD hingga dua puskesmas yang akan dikunjungi yaitu Puskesmas Pallangga dan Somba Opu,

Bahkan pihakya melakukan pertemuan dengan seluruh kepala puskesmas (Kapus) agar bisa mengetahui kendala apa yang dihadapi kepada masing-masing kapus agar penularan Covid-19 di Gowa bisa diminimalisir.

Menanggapi hal ini, Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi mengungkapkan rasa terimakasihnya atas bantuan yang diberikan oleh tim kementerian kesehatan. Menurutnya bantuan tersebut akan membantu Pemkab Gowa untuk menkean angka penularan Covid-19.

“Alhamdulillah bertambah lagi bantuan di Gowa untuk penanganan Covid-19, karena saat ini kita masih gencar lakukan sosialisasi perda masker sebelum diterapkan sehingga setiap sosialisasi kita isi dengan pemberian masker kepada masyarakat,” pungkasnya.(NH)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

4 × 2 =