Bappeda Gelar Rapat Monev Program Pembangunan Triwulan II Tahun 2013

Ket.Gambar:Para pimpinan SKPD Lingkip Pemkab Gowa mengikuti rapat monitoring dan evaluasi program pembangunan triwulan II tahun 2013. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program / Kegiatan Pembangunan Kabupaten Gowa Triwulan II Tahun Anggaran 2013 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (8/7).

Sekretaris Bappeda Kabupaten Gowa, Hj Layla Azis Hamrat menjelaskan rapat monitoring ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan pengendalian dan evaluasi pelaksana program dan kegiatan pembangunan antara seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengawasan dan penilaian terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan berdasarkan dokumen perencanaan dan penganggaran serta memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya,” papar Hj Layla dihadapan Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dan puluhan peserta rapat yang merupakan perwakilan masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Hj Layla Azis Hamrat menambahkan, secara keseluruhan kegiatan pembangunan Kabupaten Gowa tahun anggaran 2013 pada triwulan II dengan sumber dana APBD Kabupaten Gowa untuk belanja langsung sebesar Rp 420.421.796.708,- dan yang telah terealisasi sebesar Rp 50.065.794.583, dimana realisasi fisik sebesar ±26,59% dan realisasi keuangan sebesar ±11,91%-.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin ketika membuka secara resmi rapat monitoring dan evaluasi ini mengatakan, masih banyak SKPD yang sampai triwulan II, realisasi fisik dan keuangannya masih di bawah 50% bahkan masih banyak di bawah 30% serapan anggarannya.

H Abbas Alauddin menambahkan, untuk mensiasati kondisi tersebut, para pimpinan SKPD diimbau untuk mengambil langkah-langkah dan inisiatif strategis untuk mempercepat proses pelaksanaan kegiatan, meningkatkan pengawasan internal untuk pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan SKPD dan memperhatikan indikator sasaran pelaksanaan program/kegiatan pembangunan masing-masing SKPD.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =