BKDD Gelar Bimtek Kewirausahaan

Media3
Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin didampingi Kepala BKDD Kab Gowa, Rostam Razak menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Bimtek Kewirausahaan. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kewirausahaan Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Gowa di Gedung Balai Diklat Gowa.Bimtek yang berlangsung selama dua hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, Selasa (14/4). Turut hadir dalam pembukaan bimtek ini Kepala BKDD Kab Gowa, Rostam Razak dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Kepala BKDD Kab Gowa, Rostam Razak menjelaskan, Bimtek kewirausahaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Aparatur Sipil Negara yang memasuki masa persiapan pensiun agar lebih siap dan bersemangat dalam menjalani masa pensiun, serta memberikan pengetahuan teknis tentabg kewirausahaan. “Bimbingan teknis kewirausahaan ini sasarannya adalah Aparatur Sipil Negara yang akan mengakhiri masa tugasnya agar memiliki wawasan dan pengetahuan untuk dinanfaatkan dan dikembangkan setelah pensiun,” tambah Rostam Razak.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin mengatakan bahwa Aparatur Sipil Negara yang akan menjalai pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan keterampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal dalam hidup di lingkungan baru. “Sebelum ada peraturan yang menggantinya, saat ini batas usia pensiun ASN masih di usai 58 tahun, kecuali pejabat eselon I dan II serta kelompok jabatan fungsional tertentu seperti guru dan dokter batas usia pensiunnya bisa mencapai 60 tahun,” terangnya.

H Abbas Alauddin menambahkan, beberapa aspek atau area yang perlu disiapkan dalam persiapan pensiun antara lain aspek ekonomi, psikologi, sosial dan fisik. “Saya berpesan agar para peserta dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik dan seksama sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai untuk mempersiapkan Aparatur Sipil Negara yang akab memasuki masa pensiun agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan, mempunyai alternatif dan berani mengambil keputusan dalam beraktivitas yang positif,” pesan Wabup Gowa kepada peserta Bimtek.

Materi Bimtek yang diikuti oleh 98 orang peserta yang terdiri atas pejabat eselon III, IV dan staf dari masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Gowa yang memasuki masa pensiun ini dibawakan oleh tenaga pengajar dari Universitas Negeri Makassar (UNM), perbankan yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sungguminasa Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN) Cabang Sungguminasa dan Bank Sulselbar Cabang Sungguminasa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − 48 =