BKDD Gowa Gelar Workshop Penyusunan Penilaian Prestasi Kerja PNS

Ket. Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Workshop Penyusunan Penilaian Prestasi Kerja PNS Lingkup Pemkab Gowa. -foto/humas-


SUNGGUMINASA—-Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Gowa menggelar Workshop Penyusunan Penilaian Prestasi Kerja PNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, Selasa (15/4) di Gedung Balai Diklat Kabupaten Gowa. Workshop yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin ini dihadiri Kepala BKDD Kab Gowa, Rostam Razak, Perwakilan BKN Kantor Regional IV Makassar, Ida Bagus Oka dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Kepala BKDD Kab Gowa, Rostam Razak menjelaskan, tujuan workshop ini untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja. “Sasarannya agar para pejabat penilai dapat melakukan penilaian secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan,” terang Rostam dihadapan 50 orang peserta workshop yang merupakan pejabat eselon III dan IV dari masing-masing SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Selama ini acuan pelaksanaan kinerja PNS di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) PNS. Peraturan tersebut tidak sesuai dengan jalannya reformasi birokrasi yang menekankan pada kinerja, karena penilaian prestasi kerja masih terjebak pada formalitas belaka, tidak menggambarkan secara nyata prestasi kerja seorang PNS sehingga tidak bersifat transparan.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin ketika membuka workshop ini
mengatakan, untuk mewujudkan penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan diperlukan Pegawai Negeri Sipil yg profesional, jujur dan adil maka pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. “Berdasarkan hal tersebut, pembenahan penilaian prestasi kerja PNS dapat memberikan hasil yang lebih terukur dengan adanya target dan realisasi sehingga diharapkan PNS akan semakin profesional dan akuntabel,” jelas H Abbas Alauddin.

H Abbas Alauddin menambahkan, workshop yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan membahas mengenai penilaian sasaran kinerja pegawai meliputi aspek-aspek seperti kualitas, kuantitas, waktu dan biaya sesuai karakteristik, sifat dan jenis kegiatan masing-masing unit kerja, sedangkan penilaian perilaku kerja meliputi aspek-aspek orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan.

“Saya harap agar ara peserta dapat memperhatikan aspek-aspek yang menjadi fokus penilaian dalam peraturan pemerintah tersebut, agar ke depan aparatur dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diembannya,” pesan Wabup Gowa ini kepada para peserta Workshop Penyusunan Penilaian Prestasi Kerja PNS Lingkup Pemkab Gowa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + = 23