BLHD Provinsi Sulsel Expose Pantauan Adipura di Kab.Gowa

SUNGGUMINASA————– Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan expose pantauan Adipura di Baruga Krg. Pattinngalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (28/4). Expose mengenai pemantauan serta penilaian Adipura di Kab. Gowa ini disampaikan oleh Kepala Bidang Ekonomi, Sumber Daya dan Teknologi Lingkungan, BLHD Prov.Sulsel, Anwar Latief.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kab.Gowa Muh.Yusuf Sommeng, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab.Gowa Amin Yakub, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab.Gowa Muh.Hijrah, para camat, lurah, kepala sekolah, serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Anwar Latief menjelaskan, penilaian penghargaan Adipura ini dilakukan oleh Tim dari Kementrian Lingkungan Hidup dengan pembinaan oleh BLHD Prov.Sulsel. Pemantauan Adipura di Kota Sungguminasa, Kab.Gowa telah dilakukan 2 (dua) kali pemantauan, yakni pemantauan I pada bulan September dan Oktober 2010 dan pemantauan II pada bulan Maret dan April 2011 ini.

Sementara itu, titik penilaian yang dipantau di Kota Sungguminasa diantaranya, pasar, perumahan, perkantoran, pertokoan, drainase, sekolah serta taman kota. Penilaiannya berdasarkan pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran air dan penanaman pohon peneduh / penghijauan. Penganugerahan Adipura sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juni 2011, yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia  pada tanggal 5 Juni.

Muh.Yusuf Sommeng berharap agar Dinas PU dapat memperlihatkan bahwa Kab.Gowa mampu untuk sejajar dan lebih maju dari Kab/Kota lain dengan berbagai hal dan penilaian yang dicapai. Meskipun nantinya Kab.Gowa belum mencapai piala Adipura, minimal bisa meraih plakat penghargaan mengenai Kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

66 + = 67