BPBD Gelar Sosialisasi Penanganan Darurat Bencana

BKM
Ket.Gambar: Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Penanganan Darurat Bencana. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Penanganan Darurat Bencana Tahun 2014. Sosialisasi yang berlangsung di Gedung Adijaya Kabupaten Gowa, Rabu (31/12) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin yang didampingi oleh Kepala BPBD Gowa, Abd Latief.

Panitia Pelaksana, Sultan Hamid menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait penanganan darurat bencana serta peran serta masyarakat dan pemerintah dalam penanggulangan bencana.

“Dengan adanya sosialisasi penanganan darurat bencana ini diharapkan dapat terwujud kesepahaman aparatur terkait penanganan bencana di Kabupaten Gowa,” ujar Sultan.

Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin mengatakan, dalam situasi darurat bencana sering terjadi kesimpang siuran data dan informasi korban maupun kerusakan sehingga mempersulit pengambilan kebijakan penanganan darurat.

“Dalam penanggulangan bencana, khususnya pada status keadaan darurat bencana diperlukan penanganan bencana dalam satu komando darurat bencana yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu dan akuntabel agar dapat meminimalkan korban manusia dan kerugian harta benda,” jelas Ketua PMI Kabupaten Gowa ini.

Melalui sosialisasi yang diikuti sebanyak 90 orang peserta dari perwakilan kecamatan dan instansi terkait ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang intens, yang lebih baik antara pemerintah daerah dan aparaturnya di kecamatan dan masyarakat sehingga dapat dijadikan bahan dalam upaya pelaksanaan penanganan darurat bencana serta perlindungan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 × = 24