Bupati Adnan Launching Kampung Rewako Polres Gowa

Humas Gowa—-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mencanangkan program Kampung Rewako Polres Gowa di Perumahan Griya Persada Manggarupi, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, Rabu (10/6).

Bupati Adnan dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas inisiasi jajaran Polres yang bekerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa dan jajaran Kodim 1409 Gowa dan sejumlah pihak untuk mendirikan Kampung Rewako di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya dampak Covid-19 ini cukup besar, tak hanya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Indonesia tetapi juga dirasakan di seluruh negara di dunia.

“Selain dampak penyakit, juga menimbulkan dampak lain seperti data menunjukkan bahwa banyak yang terkena PHK karena tidak ada akselerasi ekonomi. Kemudian banyak yang dirumahkan dan banyak yang tadinya memiliki pekerjaan dan pendapatan kita tidak ada lagi,” ujar Adnan.

Sehingga kata Adnan kehadiran Kampung Rewako ini akan membantu untuk penanganan Covid-19 khususnya pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. Kampung Rewako di lengkapi dengan, dapur umum, pembibitan sayur mayur, pembudidayaan ikan lele, tempat jahit masker, pelayanan kesehatan, ruang isolasi, ruang logistik dan kandang ternak.

“Kita berharap ini menjadi contoh sehingga bisa hadir Kampung Rewako lainnya. Sehingga kebutuhan pangan kita di Kabupaten Gowa bisa terjaga dan terpenuhi dengan baik sampai beberapa bulan kedepan,” lajut Adnan.

Orang nomor satu di Gowa juga menjelaskan bahwa penangan Covid-19 ini butuh kerjasama diantara kita semua. Ia berharap dengan adanya Kampung Rewako ini selain untuk pemenuhan pangan juga dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat sehingga mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa dapat diputus.

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini juga berharap kelurahan-kelurahan di Kabupaten Gowa bisa berinovasi menghadirkan Kampung Rewako dan menjadi percontohan di Sulawesi Selatan.

“Kita juga mengajak untuk meningkatkan kedisiplinan dengan cara memakai masker, jaga jarak, tidak berkontak, tidak bersalaman dan rajin cuci tangan. Karena dengan itulah kita mampu memutus rantai penularan Covid-19 ini. Saya tunggu Kampung Rewako di kelurahan lain. Mudah-mudahan kelurahan yang lain lebih baik dibandingkan dengan ini,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengatakan bahwa tujuan pendirian Kampung Rewako untuk menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Gowa. Keberadaan Kampung Rewako ini akan mengedukasi masyarakat menerapkan social distanching, physical distanching di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat umum lainnya.

“Kemudian tujuannya yaitu bagaimana menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan. Kemudian tujuannya tentu untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelas AKBP Boy FS Samola.

Khusus di Kabupaten Gowa, AKBP Boy FS Samola menyebutkan Kampung Rewako akan dibentuk di 167 desa kelurahan dan akan dibentuk secara bertahap. Sementara untuk saat ini baru sekitar 5 desa yang sudah memiliki Kampung Rewako.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan paket sembako oleh Bupati Gowa, Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, Dandim 1409, Letkol Arh. Muh Suaib, Kepala Kejaksaan Negeri Sungguminasa, Yeni Andriani dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa.(JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 82 = 91