Bupati dan Dandim 1409 Canangkan Manunggal TNI-KB-Kesehatan

Pencanangan Manunggal TNI-KB-Kesehatan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menyerahkan perangkat elektronik secara simbolis kepada perwakilan kecamatan se-Kabupaten Gowa. -foto/humas-

BAJENG— Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL dan Dandim 1409/Gowa, Letkol Inf Willy Brodus Yos Rohani bersama-sama mencanangkan program manunggal TNI-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Gowa. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gendang di Balla Lompoa Limbung, Kecamatan Bajeng, Jum’at (26/8) pagi.

Bakti sosial ini merupakan momentum lintas sektor antar Kodim 1409/Gowa, Badan Keluarga Berencana & Pemberdayaan Perempuan (BKB & PP) serta Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa serta dilaksanakan setiap tahun. Tema yang diangkat tahun ini “Wujudkan Keterpaduan Pelaksanaan Program KB Kesehatan Tahun 2016 Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Daerah”.

Menurut Adnan Purichta Ichsan YL, Gowa termasuk tiga besar penduduk terbanyak di Sulsel. “Laju pertumbuhan penduduk di Gowa termasuk tinggi, saat ini tercatat sekitar 745 ribu. Sehingga program KB menjadi suatu keharusan. Laju pertumbuhan harus ditekan,” urai orang nomor satu di Gowa ini.

Pertumbuhan penduduk ini semakin ditopang dengan program pendidikan gratis yang berlangsung di Gowa. “Sejak hadirnya pendidikan gratis penduduk Gowa terus bertambah, sekitar 24 ribu.  Banyak penduduk luar Gowa masuk ke daerah ini untuk bisa mendapatkan layanan pendidikan ini,” tambahnya.

Dandim 1409/Gowa, Letkol Inf Wiily Brodus dalam sambutannya menjelaskan keterlibatan TNI dalam bakti sosial ini.”Kependudukan merupakan permasalahan strategis. Masalah kependudukan akan berpengaruh dengan tingkat kriminalitas, kemiskinan, pendidikan yang rendah. Kondisi ini berkontribusi negatif dalam upaya pertahanan keamanan negara kita,” jelas Willy.

Bakti sosial ini berupa penyuluhan dan pemasangan alat kontrasepsi gratis bagi masyarakat.  Dilaksanakan di 18 kecamatan di Gowa dan berkelanjutan setiap tahun.

Kesempatan ini Adnan juga menyerahkan secara simbolis bantuan pengadaan data elektronik untuk 18 kecamatan sebagai penunjang program KB. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 + = 53