Bupati Gowa Teleconfrence dari USA

SUNGGUMINASA —- Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo yang saat ini sedang mengikuti short course atau kurus singkat di Harvard University senantiasa memantau jalannya roda pemerintahan di daerah ini. Disela-sela padatnya jadwal kursus tersebut , orang nomor satu di daerah ini melakukan teleconfrence langsung dari Amerika Serikat dengan Sekkab Gowa, Muh. Yusuf Sommeng didampingi sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa pada acara Coffe Morning, di Baruga Pattingaloang, Senin (1/10). Teleconfrence ini menggunakan progam skype.

Ichsan Yasin Limpo berbagi pengalaman selama mengikuti kursus di negeri Paman Sam. Pendidikan di Amerika menjadi salah satu perhatian utama Bupati Gowa pencetus Sistem Pembelajaran Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), sebuah sistem pendidikan yang tidak mengenal tinggal kelas. Hal yang sama menjadi sistem yang berlaku di negeri Paman Sam. “Sistem pendidikan di Indonesia dan Amerika sama, yang membedakan karena pengelolaan sistem pendidikan memiliki otoritas sistem pendidikan seperti apa yang paling tepat untuk masyarakat mereka,’’ ujarnya

Masyarkat Amerika menganggap tantangan yang dihadapi oleh setiap komunitas tidaklah sama, sehingga sistem pendidikan tidak sama antara satu kota dengan kota lain, antara satu state dengan state lain. Mereka memiliki otoritas khusus dalam menangani masalah pendidikan. Pemerintah hanya menangani masalah gaji tenaga pendidik.

Bupati sempat mempertanyakan penyelesaian permasalahan SD Lauwa Kecamatan Biringbulu yang diklaim milik warga dan membangun rumah di pekarangan sekolah. ‘’ Saya sangat menyesalkan tindakan seperti ini, saya tidak bisa mentolerir kejadian seperti ini. Saya meminta agar permasalahan ini segera dikoordinasikan dengan Kapolres Gowa,” tegasnya dihadapan Sekda Gowa dan semua pimpinan SKPD yang berkumpul di Baruga Patinggaloang.

Khusus Anggaran Perubahan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) yang telah disahkan oleh DPRD Kab Gowa pekan lalu juga dibahas dalam pertemuan ini. Ichsan mengharapkan agar semua SKPD mampu menyelesaikan kegiatan sebaik-baiknya memasuki triwulan IV tahun 2012. Bupati Gowa juga turut menegaskan kepada semua SKPD untuk Pagu anggaram 2013 tetap mengacu kepada APBD 2012 dengan perkiraan kegiatan berkelanjutan 40-50% merupakan kegiatan pembangunan musyawarah, untuk indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 10%, sisanya pembangunan berdasarkan Musrembang.

Mantan anggota DPRD Sulsel ini juga mengabarkan kalau suhu yang berkisar 10-12 derajat celcius saat ini di negeri Paman Sam tidak menjadi penghalang bagi Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengikuti padatnya jadwal kursus. Ichsan dijadwalkan masih akan menghabiskan 10 (sepuluh) hari kedepan menyelesaikan kursus singkatnya dan akan kembali ke tanah air pertengahan Oktober. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 73 = 83