Bupati : Lawan Retail Berjaringan

Ket Gambar: Bupati Gowa, H. Ichsan YL berbicang dengan salah satu peserta  Gowa UMKM Fair 2013 di Lap Discovery Syekh Yusuf. -Foto/Humas Gowa-

SUNGGUMINASA—-Ini pernyataan Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo yang paling anyar dengan mengajak masyarakat untuk melawan retail berjaringan yang ada di Indonesia. “Tidak ada kata lain, selain kita lawan mereka,” ujarnya di sela-sela pemantauan produk unggulan Gowa, pada Pameran Gowa UMKM Fair 2013 di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Kamis (18/7).

Perlawanan yang diperlihatkan orang nomor satu di daerah ini kepada retail berjaringan, minimarket dan supermarket, dengan tidak lagi memberi izin operasional. Sekarang ini jumlah retail berjaringan di Gowa sebanyak enam buah. “Lawan yang seperti itu, karena ini akan berbahaya bagi anak, cucu dan kemenakan kita di masa mendatang,” tegasnya.

Dia mengatakan jika retail berjaringan diberi ruang gerak yang luas, tidak menutup kemungkinan mereka akan memasuki jalan-jalan utama hingga lorong-lorong rumah rakyat sehingga akan mematikan para pedagang kelontong milik masyarakat. Kondisi ini akan semakin meminggirkan mereka dari percaturan ekonomi kelas bawah.
Dengan adanya pameran UMKM Fair 2013 ini, lanjut mantan anggota DPRD Sulsel ini, akan menjadi ajang memperkenalkan produk-produk UMKM Kabupaten Gowa yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari luar. “Kegiatan ini juga menjadi ajang sharing informasi sesama UMKM terhadap permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usahanya selama ini,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin memberikan bantuan kepada beberapa pelaku UMKM diantaranya bantuan alat pengolah hasil pertanian kepada 4 pelaku UMKM yakni Kelompok Tani Campagaya, Kelompok Tani Julumaero, Dodol Murni dan Dodol Dg Lebang, bantuan alat UMKM bidang pangan kepada 5 pelaku UMKM yakni KUB Gowa Alami, Bipang Rafika, Tunas Mandiri, Bipang Sehati dan Markisa Citra Gemilang.
Selain itu juga diserahkan bantuan alat mesin bengkel kepada 3 pelaku UMKM yakni UB Patra, Wawan Motor dan MHR Motor, serta bantuan alat mesin pertukangan kepada 3 UMKM yakni Sehati, Karya Alami Asri dan Munawir.

Pameran UMKM Fair 2013 ini diikuti sebanyak 56 UMKM dari berbagai macam jenis usaha serta beberapa lembaga pembiayaan dan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni tanggal 18 Juli hingga 20 Juli mendatang.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad selaku panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM lebih mendapatkan berbagai macam pengetahuan baik teknis maupun manajemen serta akses ke lembaga pembiayaan dalam pengembangan usahanya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × 1 =