media3
Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menyerahkan DHKP dan SPPT PBB-P2 kepada Camat Somba Opu, Abdullah Sirajuddin.-foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menyerahkan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terhitung (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Gowa Tahun 2015 kepada para camata se-Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (1/4).

Penyerahan ini dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin, Sekkab Gowa, H Baharuddin Mangka, jajaran Muspida Kabupaten Gowa, Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) Bantaeng, Agus Salim serta para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa, Ismail Majid yang merupakan pelaksana kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu agenda dalam pengelolaan PBB-P2 dan merupakan gambaran dari komitmen Pemkab Gowa dalam memenuhi amanat UU Nomor 28 Tahun 2008 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyerahkan DHKP dan SPPT PBB-P2 Kabupaten Gowa tahun 2015 kepada para camat untuk selanjutnya didistribusikan kepada wajib pajak serta menjadi dasar penagihan dan sosialisasi PPh tahunan,” tambah Ismail Majid dihadapan para camat dan kepala desa/lurah se-Kabupaten Gowa serta para bendaharawan pengeluaran SKPD yang turut hadir pada kegiatan ini.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menjelaskan, sejak ditetapkannya Perda Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) maka tidak terasa tahun ini merupakan tahun ketiga Pemkab Gowa mengelola PBB-P2. “Sektor PBB-P2 dan BPHTB merupakan dua sektor yang memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni sebesar kurang lebih 46 milyar rupiah,” kata Ichsan YL.

Bupati dua periode ini menambahkan, untuk tahun 2015 ini potensi penerimaan PBB-P2 sebesar kurang lebih 14 milyar rupiah dimana dengan memperhatikan perkembangan property yang semakin pesat maka ke depan potensi penerimaan PBB-P2 akan mengalami peningkatan. “Mari kita kembali membuktikan kesiapan kita dalam mengelola PBB-P2 sekaligus membangun kembali komitmen agar realisasi penerimaan PBB-P2 tahun 2015 dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan,” pesan Bupati Gowa.

Bupati juga mengingatkan dan menghimbau kepada para camat kepala desa/lurah dan para kepala dusun/lingkungan untuk melakukan percepatan dalam pendistribusian SPPT dan penagihan PBB-P2 tahun 2015 kepada wajib pajak. “Saya imbau juga kepada masyarakat agar memperhatikan kewajibannya untuk segera membayar PBB-P2 sebelum tanggal jatuh tempo, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berkesinambungan,” imbau orang nomor satu di Gowa ini.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

78 − 76 =