Bupati Terima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulampua

Sindo

Ket.Gambar : Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo tengah berbincang dengan Kepala Perwakilan BI Wilayah I Sulampua N. Suhaedi. -foto/humas-

SUNGGUMINASA——–Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah I Sulampua (Sulawesi, Maluku dan Papua), N. Suhaedi di ruang kerjanya, Rabu (8/10) pagi.

Dalam pertemuan itu, Suhaedi didampingi Deputi Direktur Divisi Asesmen Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan BI Wilayah I, Noor Yudanto. Keduanya mendengarkan penjelasan Ichsan tentang perkembangan investasi di daerah tetangga Kota Makassar ini.

Bupati dua periode itu mengatakan, kondisi perekonomian di Gowa dalam lima tahun terakhir mengalami peningkatan dengan hadirnya investor-investor lokal dan asing yang membuka peluang penyerapan tenaga kerja (employment).

Menurutnya, kehadiran investasi di Gowa telah membuka kesempatan kerja, dengan merekrut tenaga kerja lokal sebanyak 75%, pemerintah dalam hal ini telah mengambil peran untuk menciptakan tenaga skill disesuaikan kebutuhan perusahaan melalui pelatihan dengan biaya Pemkab.

Hal ini dilakukan karena biasanya perusahaan terkendala biaya untuk melatih tenaga kerja. “Pemkab Gowa setiap tahun mengadakan Job Fair, semacam pasar kerja melibatkan perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja sesuai kebutuhan mereka,” jelas Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan ini.

Suhaedi mengatakan sangat merespek program pengembangan ekonomi masayarakat di Gowa, terutama pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mikro. Dia juga sangat merespon program yang selama ini dilaksanakan di Gowa, khususnya pendidikan dan kesehatan gratis.

Sejak program kebutuhan mendasar bagi rakyat itu dilaksanakan, telah menciptakan nilai tambah (multiplier effect), contohnya, tahun 2007 tabungan masyarakat hanya mencapai Rp 21 Miliar, tetapi setelah kedua program unggulan tersebut diberlakukan maka tabungan masyarakat meningkat hingga mencapai Rp 377 Miliar.

Pada kesempatan tersebut, Ichsan juga mengutarakan rasa terima kasihnya kepada pihak perbankan yang telah membantu pelaku usaha di Gowa. “Bank-bank pemerintah dan swasta yang ada di Gowa banyak membantu program pemerintah dalam pembinaan UKM dengan mengucurkan kredit usaha dan permodalan,” jelasnya.

Di akhir pertemuan itu, Suhaedi menyampaikan undangan khusus kepada bupati peraih predikat tiga kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tanpa Paragraf atau Clean and Clear itu untuk ikut serta dalam dialog perbankan yang rencananya diselenggarakan dalam waktu dekat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 × = 28