Bupati Terima Legislator dan Pejabat Pemkab Yapen

Ket.Gambar: Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo foto bersama legislator DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng menerima kunjungan kerja jajaran legislatif dan pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Yapen, Provinsi Papua di Baruga Krg Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu (17/10).

Rombongan berjumlah 33 orang ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Yotam Ayomi yang didampingi Staf Ahli Bupati Kepulauan Yapen, Sumantoro dalam melakukan studi banding terkait bidang perencanaan, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta organisasi tata laksana di Kabupaten Gowa.

Staf Ahli Bupati Kepulauan Yapen, Sumantoro menjelaskan tujuannya melakukan studi banding di Gowa untuk mendapatkan banyak informasi dan masukan dari Pemkab Gowa utamanya mengenai Program Kesehatan dan Pendidikan Gratis yang telah berjalan dengan baik. “Kami ingin belajar banyak dari Bupati Gowa, apalagi melihat kesuksesan Kesehatan dan Pendidikan Gratis, serta pencapaian Gowa dalam meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah,” tambahnya.

Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo menjelaskan kepada legislator dan pejabat asal Papua bahwa Program Kesehatan Gratis merupakan komitmen awalnya sebelum dilantik sebagai Bupati. Ichsan menambahkan, Program Kesehatan Gratis di Gowa diatur dalam Perda No.4 tahun 2009 dimana ada 42 jenis kesehatan yang dibebaskan. “Dengan adanya Perda ini masyarakat yang tidak memiliki Askes dan Jamkesmas cukup memperlihatkan KTP dan KK untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis (Yankestis),” ungkapnya.

Sementara mengenai bidang pendidikan Ichsan sangat antusias memaparkan mengenai Program Pendidikan Gratis yang telah berlangsung sejak tahun 2007 dan ditetapkan dalam Perda No.4 Tahun 2008 dengan membebaskan 14 jenis pungutan di sekolah untuk tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. “Kunci kesuksesan suatu negara atau daerah adalah pendidikan,” tegas Ichsan.

Pemkab Gowa juga meluncurkan Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan yang tidak mengenal tinggal kelas. “Pola pendidikan di Amerika serikat sesuai dengan yang kami lihat dan pelajari beberapa waktu lalu ternyata mempunyai kemiripan dengan Program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan yang sudah dijalankan di Kabupaten Gowa,” jelas Ichsan yang baru saja selesai menjalankan pendidikan Short Course  di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 69 = 76