Dewan Serahkan Rekomendasi atas LKPJ Bupati Gowa TA. 2013

Ket. Gambar: Ketua DPRD Kab Gowa, H Ansar Usman melakukan penandatangan berita acara Laporan Rekomendasi atas LKPJ Bupati Gowa TA.2013 yang disaksikan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dan Wakil Ketua DPRD Kab.Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa melalui Ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Ari Bakri Pato menyampaikan rekomendasi atas LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2013 pada Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Gowa, Jum’at (4/4).

LKPJ tersebut sebelumnya telah diserahkan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin pada 18 Maret lalu. Selanjutnya, atas penyerahan LKPJ tersebut, DPRD Kabupaten Gowa membentuk Pansus LKPJ yang bertugas membahas dan memberikan rekomendasi atas LKPJ tersebut.

Berdasarkan hasil pembahasan awal Pansus terhadap LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2013, diperoleh data mengenai Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa yang dianggarkan sebesar Rp 1.064.035.897.036,- dan dapat terealisasi sebesar Rp 1.085.245.327.980,- atau sebesar 101,99%. Sedangkan, belanja daerah Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2013 dianggarkan sebesar Rp 1.217.953.260.647,- dan telah terealisasi sebesar Rp 1.057.021.023.264,- atau sebesar 86,79%.

Ketua Pansus LKPJ, Ari Bakri Pato mengatakan seiring dengan capaian target Pemkab Gowa, Pansus mencatat realisasi belanja daerah yang hanya mencapai 86,79% yang mengakibatkan SILPA pada tahun berjalan. “Atas hal tersebut, Pansus merekomendasikan kepada Pemkab Gowa untuk lebih meningkatkan realisasi belanja pada tahun anggaran berikutnya dengan mengalokasikan anggaran yang ada sesuai perencanaan dan peruntukannya sehingga dengan demikian SILPA pada tahun berikutnya dapat diminimalkan,” paparnya di hadapan Wakil Bupati Gowa, H Abbas Alauddin dan Ketua DPRD Kab Gowa, H Ansar Usman yang memimpin langsung rapat tersebut, para jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para anggota DPRD Kab Gowa dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Ari Bakri Pato bersama 15 orang anggota Pansus lainnya juga memberikan apresiasi terhadap trend peningkatan APBD yang berbanding lurus dengan trend peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2013. “Hal ini patut mendapatkan penghargaan dari kita semua sebagai bagian dari terobosan yang telah ditempuh Pemerintah Daerah”, puji Ketua Pansus ini.

Di akhir penyampaian rekomendasi, Pansus juga merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan evaluasi menyeluruh untuk menemukan formulasi dan terobosan yang dapat meningkatkan pencapaian target pada Perusahaan Daerah (Perusda) Holding Company Gowa Mandiri (HGCM) atas capaian realisasi yang kurang lebih 60% selama tiga tahun berturut-turut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 × 1 =