DPRD Boalemo Pelajari RPJPD Gowa


Ket.Gambar : Wakil Bupati Gowa, H Abd Razak Badjidu ketika menerima kunjungan kerja DPRD Kab Boalemo. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Jajaran DPRD Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa, Senin (13/2). Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kab Boalemo, Muh Yasin Nawawi diterima langsung oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Razak Badjidu di Baruga Krg Pattingngalloang.

Penerimaan rombongan sebanyak 16 orang, turut dihadiri pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) H Baharuddin Mangka, para asisten dan pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Yasin Nawawi menjelaskan, tujuan kunjungan kerja ini untuk mempelajari penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gowa. “Kami mendapatkan referensi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bahwa kabupaten Gowa dalam penyusunan RPJPD difasilitasi oleh Bappenas, sehingga kami tertarik untuk saling berbagi dan mendapat informasi dari daerah ini terkait penyusunan RPJPD di Boalemo,” katanya.

Sementara itu, Razak Badjidu menjelaskan, penyusunan RPJPD 2005-2025 merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dari sasaran RPJPD nampak bahwa masih diperlukan penajaman agenda menuju pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan sekaligus melanjutkan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat sebagai program dasar dalam mengembangkan daya saing daerah.

Pemkab Gowa melakukan prioritas pembangunan daerah yang ditetapkan ke dalam 7 (tujuh) skala prioritas, yaitu peningkatan efektifitas penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan, investasi dan kesempatan kerja, pembangunan infastruktur, akses kualitas pendidikan dan kesehatan, kapasitas kelembagaan pemerintahan dan kompetensi aparat pemerintahan, pemantapan demokrasi, stabilitas politik dan ketentraman.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Bupati Gowa H Abd Razak Badjidu menyerahkan 1 (satu) paket Peraturan Daerah (Perda) terkait RPJPD Kab Gowa tahun 2005-2025 kepada Wakil Ketua DPRD Boalemo, Muh Yasin Nawawi sebagai bahan referensi penyusunan RPJPD di Boalemo.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − = 85