DPRD Gorontalo Pelajari Sektor Kesehatan di Gowa

Ket.Gambar: Para anggota DPRD Provinsi Legislator saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Gorontalo yang dipimpin langsung oleh Ketua Pansus, Tamsil Poha melakukan studi komparasi dan konsultasi di Kabupaten Gowa. Pansus yang melakukan pembahasan Ranperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Semesta ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan, Masykur Mansur di Baruga Krg Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/10).

Ketua Pansus, Tamsil Poha menjelaskan tujuannya melakukan studi komparasi di Kabupaten Gowa karena menilai Gowa sebagai salah satu kabupaten yang sangat sukses dalam melaksanakan Program Kesehatan Gratis. “Kami melihat Gowa cukup bagus program ini (Kesehatan Gratis), makanya kami ingin belajar mengenai teknis pelaksanaan dan penganggarannya,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng merasa terharu dan bangga karena Provinsi Gorontalo menjadikan Kabupaten Gowa sebagai objek penelitian terkait pembahasan Ranperda yang tengah mereka godok, melihat Gowa hanyalah sebuah kabupaten sedangkan Gorontalo merupakan provinsi baru yang sangat berkembang.

“Program Kesehatan Gratis di Kabupaten Gowa dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2009 dimana ada 48 jenis kegiatan yang digratiskan dan merupakan bagi hasil antara pemerintah kabupaten sebesar 60% dan pemerintah provinsi sebesar 40%, sejauh ini belum ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya,” terang H Yusuf Sommeng dihadapan para anggota Pansus.

Perda tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga di Kabupaten Gowa. Di samping itu, diharapkan juga terjadinya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat baik di perkotaan maupun di pelosok pedesaan, serta mendorong peningkatan kemampuan petugas serta fasilitas kesehatan.

Para anggota Pansus ini selanjutnya berencana akan melakukan peninjauan secara langsung ke  rumah sakit yang ada di Kabupaten Gowa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + = 27