DPRD Malinau Pelajari Keberhasilan Gowa

Ketua Komisi 3 DPRD Kab Malinau, Kali Liman menyerahkan cinderamata berupa kerajinan tangan khas Kalimantan Timur kepada Sekretaris Daerah Kab Gowa, H Muh Yusuf Sommeng ketika berkunjung di Gowa. –foto/humas-

SUNGGUMINASA—-Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng menerima kunjungan kerja (kunker) rombongan anggota DPRD Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Senin (25/7). Penerimaan ini turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Usman Tate, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi H Chairil Muin, dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Rombongan sebanyak 10 orang ini terdiri dari anggota Komisi 2 (bidang Pertanian) dan Komisi 3 (bidang ekonomi pembangunan) serta perwakilan SKPD lingkup Pemkab Malinau. Ketua Komisi 3 DPRD Kab Malinau, Kali Liman yang memimpin rombongan dalam kunjungan kerja kali ini mengutarakan tujuannya di Kab Gowa dalam rangka mempelajari dan melihat secara langsung keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Gowa dalam mengelola sumber daya alam yang dimilikinya, terutamanya sumber daya air yang dapat dikelola dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muh Yusuf Sommeng dalam sambutan penerimaannya mengatakan, pengairan di Kab Gowa berasal dari Bendungan Bilibili yang mengairi persawahan yang ada di Kab Gowa sehingga hal ini juga membantu meningkatkan hasil produksi pertanian di Kab Gowa. Selain untuk irigasi, Bendungan Bilibili juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Upaya peningkatan pengelolaan sumber daya air harapan indikator kinerjanya adalah meningkatnya saluran irigasi yang mengairi lahan pertanian, berfungsinya kembali infrastruktur pengelolaan sumber daya air, terpenuhinya kebutuhan air minum, air bersih dan sumber energi. Adapun indikator kinerja dalam pengelolaan sumber daya energi dan mineral adalah meningkatnya produksi hasil tambang/galian C dan B, berkembangnya penggunaan energi alternatif, meningkatnya cakupan layanan penggunaan listrik, berkurangnya penambangan liar dan berkurangnya kerusakan lahan akibat pertambangan.

Kunker ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para anggota DPRD Malinau sehingga dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya air secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Rombongan ini akan melakukan peninjauan langsung di Bendungan Bilibili yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi H Chairil Muin.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 6 =