Festival Padekko Lestarikan Budaya Gowa

Festival Padekko
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni membuka Festival Padekko se-Kabupaten Gowa. -foto/humas-

SUNGGUMINASA—–Pemkab Gowa bersama Himpunan Lansia Sayang Bunda Kabupaten Gowa menggelar Festival Padekko. Festival ini digelar di Lapangan Discovery Syekh Yusuf Sungguminasa, Rabu siang (24/8).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka kegiatan yang diikuti perwakilan dari 10 kecamatan ini. Para peserta dari Festival Padekko terbilang lanjut usia namun dengan semangat tinggi mereka mempertunjukkan kemampuan dan performanya.

Ketika memberi sambutan Adnan menekankan kalau usia bukan halangan bagi orang tua kita untuk berhenti berkarya. “Lanjut usia tetap bisa berkarya, dan berkontribusi kepada masyarakat. Para orang tua dapat berbagi pengalaman, keteladanan kepada generasi lanjut,” ujar orang nomor satu di Gowa ini.

Padekko merupakan budaya yang lazim dilakukan oleh masyarakat Gowa menyambut panen. Merupakan ungkapan kesyukuran kepada tuhan atas panen. Lewat kegiatan ini masyarakat Gowa sekaligus mengumpulkan keluarga untuk menyatukan keluarga di satu kampung. Bahkan kegiatan ini sebagai ajang mencari jodoh bagi kaum muda.

Alat yang peserta gunakan allu dan lesung, mereka menumbuk padi muda secara bersamaan dan mengeluarkan irama yang indah. Pesertanya ada yang menumbuk namun ada juga yang menari sebagai hiburan mengikuti alunan. Ada juga yang bertugas untuk menghalau ayam.

Hadir dalam festival ini, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Mallaganni, Ketua Himpunan Lansia Sayang Bunda Provinsi Sulsel, Hj. Ince Nurhayati Yasin Limpo, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Priska Paramitha Adnan.

Paket hadiah bagi juara merupakan persembahan dari Himpunan Lansia Sayang Bunda Provinsi Sulsel. Selain hadiah bagi kelak yang akan menjadi juara juga disediakan paket bagi semua peserta festival. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 6