Sungguminasa —- Tahapan Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan telah dimulai berbagai persiapan telah dilaksanakan. Tingkat Kabupaten Gowa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Gowa memasuki tahapan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pantia Pemungutan Suara (PPS).

Pelantikan yang dihadiri Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo, Ketua DPRD Gowa, H. Anshar Usman, Ketua KPU Kab Gowa, Zainal Ruma serta anggota KPU Provinsi Sulsel Zurahman. Acara ini berlangsung di Gedung Haji Bate Sungguminasa Rabu (19/7).

Sebanyak 90 anggota PPK dilantik dimana di setiap kecamatan akan bertugas 5 (lima) anggota PPK. Sedangkan anggota PPK yang diambil sumpahnya sebanyak 501 orang. Mereka yang telah dilantik akan segera bertugas di kecamatan dan kelurahan/desa yang telah ditetapkan hingga berakhirnya proses Pilgub Sulsel tahun 2012. Usai pengambilan sumpah dilakukan penyerahan secara simbolis petikan Surat Keputusan (SK) kepada perwakilan PPK.

Ketua KPU Kab Gowa, Zainal Ruma dalam sambutannya menginstruksikan kepada para PPK dan PPS yang dilantik memastikan Pemilihan Gubernur yang akan berlangsung 22 Januari 2013 sesuai aturan yang berlaku. “Mari kita pastikan pemenang pemilihan nantinya adalah pilihan rakyat,” tegasnya.

Hal senada juga turut disampaikan Zurahman, “ Saat anggota PPK dan PPS telah mengembang amanat. Maka waktunya untuk berkomitmen mengeluarkan kepentingan pribadi. Mari menjada integritas, netralitas dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

PPK dan PPS juga dituntut untuk bekerja sebaik mungkin, “PPK dan PPS menempati posisi strategis sebagai ujung tombak KPU. Kelancaran penyelenggaraan pemilu sangat tergantung kinerja PPK dan PPS,” jelas Ichsan Yasin Limpo

Orang nomor satu di Gowa ini juga mengatakan Kab Gowa telah memiliki pengalaman berharga dalam penyelenggaraan Pilkada, “pengalaman ini membuktikan susah untuk berbuat curang di Gowa,” tandasnya.

Himbauan untuk melakporkan segala permasalahan yang ditemukan dilapangan sedini mungkin dilaporkan menjadi perhatian Bupati Gowa. Semuanya berujung agar dapat ditindaklanjuti demi kelancaran Pilgub 2013. (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

6 + 3 =