Gowa Canangkan Kotaku

MAWANG—–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan pencanangan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bertepatan dengan kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Gowa ke Kecamatan Somba Opu. Pencanangan tersebut berlangsung di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Selasa (10/5).

Program Kotaku merupakan program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan. Gerakan 100-0-100 merupakan inti dari program ini. Menargetkan penyediaan 100 persen akses aman air minun, nol persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menyampaikan target dari program Kotaku ini, “Kita berharap kota Somba Opu tidak ada kumuh ke depan. Selain itu, saya menargetkan kota Sungguminasa tidak ada sampah. Pemkab akan memfasilitasi dengan infrastruktur. Saya harap masyarakat berpartisipasi menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah,” jelasnya dihadapana masyarakat Somba Opu.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dilaksanakan di 269 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Peran pemerintah daerah pada program Kotaku sangat strategis dan penting sebagai pengendali program di wilayahnya. Karena pemerintah kabupaten/kota berperan sebagai regulator yang mengakomodasi berbagai aspirasi pelaku pembangunan permukiman dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 + = 85