Gowa, Kembali Sandingkan Prestasi PAD dan PBB

 

Sungguminasa— Pemerintah Kabupaten (Pemkab Gowa) kembali mempertahankan prestasi pencapaian Pencapaian Asli Daerah (PAD) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Keberhasilan ini diungkapkan olehWakil Bupati Gowa, H. Abbas Alauddin dihadapan siding paripurna DPRD Gowa dalam penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) di Ruang Rapat DPRD Gowa, Selasa (18/3).

“ Kita telah berhasil menyandangkan prestasi pencapaian target diatas seratus persen, anatara Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) selama delapan tahun berturut-turut yaitu kurun waktu 2006-2013.” Jelas Wakil Bupati Gowa

Tahun anggaran 2013 jumlah pendapatan dianggarkan sebesar 1,06 Trilyun Rupiah lebih dan dapat direalisasikan sebesar 1,08 Trilyun Rupiah lebih atau sebesar 101,99 persen. Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu sumber pendapatan yang sangat berarti peranannya dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan pembinaan kemasyarakatan.
”Tahun anggaran 2013, PAD Kab Gowa ditargetkan sekitar 103 Milyar Rupiah, namun berhasil direalisasikan sebesar 109 Milyar Rupiah atau pencapaian lebih dari 100 persen. Kinerja PBB ditargetkan sebesar 8 Milyar Rupiah dan direalisasikan sebesar 8,8 Milyar Rupiah ” urai Abbas kepada Muspida, Anggota DPRD dan pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.
Meningkatnya pendapatan daerah setiap tahunnya tentunya diikuti dengan pengalokasian belanja tepat sasaran dengan tetap memperhatikan skala prioritas sesuai dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta melakukan pemantapan pelaksanaan bidang pembangunan.

Kondisi perekonomian daerah menjadi salah satu indikator yang dipaparkan dalam rapat paripurna ini. Pertumbuhan ekonomi adalah besarnya nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dimana tahun 2012 berada pada angka 2,15 Trilyun Rupiah lebih atau mengalami pertumbuhan sebesar 7,27 persen dibanding tahun sebelumnya. Dengan indikator ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Kab Gowa mengalami peningkatan sebesar 7,27 persen. Untuk pendapatan perkapita masyarakat Kab Gowa juga mengalami peningkatan sebesar 22,18 persen untuk kurun waktu 2007-2012. Tahun 2012 berada pada angka Rp. 10.128.896,- yang sebelumnya di tahun 2007 sebesar Rp. 4.802.864,-
Pendidikan yang menjadi fokus program Pemkab Gowa, terus menjadi prioritas. Anggaran yang dialokasikan sebesar 524,88 Milyar Rupiah untuk terus mendukung keberlanjutan program pendidikan gratis dengan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB). Prestasi tingkat nasional dan provinsi juga berhasil diraih oleh siswa dan guru Kab Gowa.
Terobosa dalam rangka percepatan peningkatan industri yang mempunyai dampak langsung terhadap peningkatan pendapatan dan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja juga menjadi target Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo. “Saat ini Pemkab Gowa bersama Kementrian Perindustrian menyusun rencana induk Kawasan Industri Gowa (master plan Gowa Industri Estate) yang terletak di Kec Pattalasssang dan Kecamatan Parangloe. Dari rencana sekitar 100 ha untuk KIWA telah dibebaskan sekitar 3,5 ha oleh Pemkab Gowa,” tambah Abbas Alauddin.
Proses pembangunan yang merupakan proses yang berkelanjutan dari tahun ke tahun yang pelaksanaanya harus diupayakan sungguh-sungguh sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku. Segala program dapat berlangsung dengan bantuan, kerjasama dan koordinasi dengan segala pihak.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 5 = 50