Gowa Optimis Tingkatkan Penilaian LPPD Tahun 2015
Bimtek LPPD
Puluhan peserta dari SKPD Lingkup Pemkab Gowa mengikuti Bimtek Evaluasi Penyusunan LPPD Kabupaten Gowa. -foto/humas-

MAKASSAR—–Pemahaman tim perencana di setiap SKPD/instansi lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam menyediakan data dan dokumen Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa menjadi hal mutlak. Kondisi ini diperlukan agar penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Gowa telah berjalan sesuai dengan semangat perubahan.

Kondisi ini yang melatar belakangi terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun 2016. Bimtek ini diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa di Hotel Ramedo Makassar, pembukaannya berlangsung Senin,(10/10) malam.

Kepala Bagian Adm. Pemerintahan Umum, Marzuki mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tentang bagaimana penyusunan LPPD secara lebih baik. “LPPD ini merupakan indikator utama dalam menilai progress report keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Marzuki.

Marzuki menambahkan, penyajian laporan LPPD Kabupaten Gowa pada tahun 2013 berada pada urutan 18 tingkat nasional dan urutan 2 tingkat provinsi. Bahkan penilaian LPPD pernah menempati peringkat 2 nasional pada tahun 2012.

“Kita berharap di penilaian LPPD tahun 2015 ini, kita bisa memperbaiki peringkat kita, walaupun sebenarnya hanya peringkat kita saja yang menurun tetapi dari segi jumlah nilai atau poin yang kita peroleh sebenarnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” harap Kabag. Adm. Pemerintahan optimis Gowa bisa memperbaiki penilaian LPPD Tahun 2015 ini.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang membuka secara resmi bimtek yang diikuti sebanyak 57 orang peserta terdiri dari SKPD Kabupaten 29 orang, SKPD Kecamatan 18 orang dan Sekretariat Daerah 10 orang ini mengatakan, LPPD ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah daerah kepada pemerintah pusat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007.

“Dengan adanya bimtek ini diharapkan ada upaya dalam terus meningkatkan kualitas laporan yang lebih baik, dari hasil laporan tersebut dapat diketahui sejauhmana capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam kurun waktu satu tahun,” ujar Abd Rauf Malaganni.

Wabup Gowa ini berpesan agar para peserta betul-betul mengikuti dengan baik kegiatan tersebut. “Kegiatan ini dapat menyamakan persepsi khususnya para pimpinan SKPD agar dapat membantu tim penyusun LPPD untuk menyediakan sejumlah data dan dokumen yang dibutuhkan dalam penilaian LPPD tersebut, berhasil tidaknya dalam penilaian tersebut sangat ditentukan dari kerjasama SKPD itu sendiri,” pesan mantan Kepala BPMD Kabupaten Gowa ini kepada para peserta bimtek.

Bimbingan teknis yang berlangsung hingga (11/10)ini diisi dengan serangkaian materi diantaranya, kebijakan umum pemerintah dalam penyusunan LPPD Kabupaten Gowa, teknik dan strategi penyusunan LPPD dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Pemateri yang akan mentransfer ilmunya yaitu: Sekda Gowa, H Muchlis dan Biro Pemerintahan serta Inspektorat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.(*)

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

5 × = 25