Gowa Siap Jadi Kabupaten Pendidikan

 

Workshop GKP
Ratusan tenaga pendidik lingkup Pemkab Gowa mengikuti Workshop Calon Tim Pengembang Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan. -foto/humas-

MAKASSAR—–Kabupaten Gowa siap menjadi Kabupaten Pendidikan pertama di Sulawesi Selatan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memulainya dengan melaksanakan Workshop Calon Tim Pengembang Gowa Kabupaten Pendidikan (GKP) yang berlangsung di Aero Smile Hotel, Makassar, Kamis (2/3).

Workshop yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni ini diikuti sebanyak 120 orang peserta terdiri dari 47 orang pengawas SD/SMP, 18 orang Kepala UPTD, 4 orang Kepala SD/SMP dan 51 orang guru pilihan yang memiliku prestasi sebagai instruktur, guru berprestasi dan lulus kompetensi profesional dengan hasil memuaskan.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, DR Syarifuddin Kulle menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang maksud dan tujuan pelaksanaan Program Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan.

“Dengan adanya workshop ini, kami harapkan dapat meningkatkan pemahaman tentanf standarisasi pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Gowa yang meliputi konsep kepengawasan, kekepala sekolahan dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar serta Filosofi penyelenggaraan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) dan Program IMTAQ Indonesia,” harap Syarifuddin.

Saat membuka workshop yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, DR Salam dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gowa, Asriady Arasy, Wabup Gowa mengatakan, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan, maka salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa adalah menjadikan Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan.

“Berbagai program inovasi pendidikan telah terlaksana di Kabupaten Gowa mulai dari Pendidikan Gratis, Satpol Pendisikan, Punggawa D’Emba, SKTB, Investasi SDM Seperempat Abad hingga IMTAQ Indonesia merupakan wujud pemberlakuan layanan pendidikan yang berkualitas untuk memperoleh sumber daya manusia yang berdaya saing dalam mewujudkan Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan,” urai Abd Rauf Malaganni.

Wabup berharap, para calon Tim Pengembang Gowa Kabupaten Pendidikan harus memiliki kompetensi yang militan dalam mengawal program ini dengan penuh rasa tanggungjawab.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini diisi materi oleh instruktur dan fasilitator Dewan Pakar SKTB dan Tim Ahli IMTAQ Indonesia, diantaranya Prof Dr Said Hasan Hamid, Prof Dr Bambang Soepeno, Prof Dr Aris Munandar, Dr H Ichsan Yasin Limpo dan guru besar lainnya.(dhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 7 = 17