Parangloe— Pemerintah Kabupaten Gowa hingga akhir Oktober 2013 telah menanam sebanyak 1,2 juta pohon. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Gowa, H. Abbas Alauddin).” Hingga akhir Oktober 2013, kita telah menanam pohon sebanyak 1.298.200 pohon atau sebesar 83,85% dari target yang ditetapkan sebanyak 1.548.200 pohon. Jika melihat kondisi musim hujan yang baru mulai. Insya Allah kita dapat melebihi target yang telah ditetapkan sampai akhir musim penghujang ini.” urainya pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Indonesia (BMN) tahun 2013 tingkat Kab Gowa di Dusun Kasimburang Desa Belapurangga Kec Parangloe, (28/11).

Pencapaian ini turut andil dalam capaian realisasi gerakan penanaman satu milyar pohon secara nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia sejak Tahun 2010. Tercatat hingga Oktober telah tertanam 1,14 milyar pohon atau 114 % dari target yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut Abbas Alauddin mengatakan gerakan ini bertujuan mengembalikan fungsi hutan dan lahan. ” Menanam pohon dapat merehabilitasi lahan dan hutan yang kritis guna mengembalikan fungsi hutan dan lahan. Sekaligus memiliki dampak besar bagi anak cucui kita. Pohon-pohon ini dapat diwariskan kepada mereka dalam wujud kelestarian lingkungan. Sehingga kelak mereka tetap bisa menemukan lingkungan yang baik untuk kehidupan mereka bahkan kalau bisa lebih baik dari lingkungan yang ada saat ini.” harapnya.

Lahan kritis di Gowa yang merupakan lahan atau kawasan yang tidak sesuai dengan peruntukan sejak tahun 2009 tercatat sebanyak 29.000 Ha. Upaya selama 4 (empat) tahun terakhir lahan kritis berkurang menjadi 27.000 Ha. Tahun ini tercatat sebanyak 1.116 Ha dalam proses rehabilitasi, penyelesaian lahan kritis memerlukan waktu selama 10 tahun untuk mengetahui keberhasilan upaya rehabilitasi ini.

Di tempat yang sama Kadis Kehutanan dan Perhubungan, H. Djamaluddin Maknun mengimbau kepada masyarakat agar mengupayakan untuk satu orang minimal menanam satu pohon. ” Mari kita gunakan lahan-lahan kosong untuk ditanami pohon. Dengan menamam pohon kita sudah berperan serta mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik bagi generasi yang akan datang,” pesannya.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2013 ditutup dengan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Gowa, serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkan Gowa (*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 15 = 22