Gowa, Tujuh Tahun Sandingkan Prestasi PAD dan PBB


Ket. Gambar: Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo menyerahkan Laporan Keterangan Penyerahan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa Tahun 2012 kepada Ketua DPRD Gowa, H. Anshar Usman.-Foto/Humas Gowa-

Sungguminasa— Pemerintah Kabupaten (Pemkab Gowa) selamat tujuh tahun berturut-turut berhasil menyandingkan prestasi pencapaian PAD dan PBB. ” Kita telah berhasil menyandingkan prestasi pencapaian target diatas seratus persen anatara Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan Pajak Bumi dan Bangunan sebanyak tujuh berturut-turut, yaitu pada 2006-2012,” jelas Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo dihadapan Sidang Paripurna DPRD Gowa penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) di Ruang Rapat DPRD Gowa, Kamis (21/3).

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu sumber pendapatan yang sangat berarti peranannya dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan pembinaan kemasyarakatan.”Tahun anggaran 2012, PAD Kab Gowa ditargetkan sekitar 72 Miliar, namun berhasil direalisasikan sebesar 78.48 Miliar atau pencapaian lebih dari 100 persen.” urai Ichsan kepada Muspida, Anggota DPRD dan pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Begitupun dengan kinerja pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2012 juga mengembirakan. Target yang dibebankan sebesar 5,17 Miliar dan berhasil direalisasikan sebesar 8,97 Miliar atau mencapai 173,39 persen.

Prestasi tingkat nasional juga berhasil diraih di tahun 2012 di bidang pendidikan dan bidang pekerjaan umum. Keberhasilan sejumlah guru dan siswa di tingkat nasioanl sekaligus membuktikan pendidikan gratis tidak berdampak terhadap mutu pendidikan di Gowa. Bidang pekerjaan umum Kab Gowa berhasil meraih peringkat tiga besar tingkat nasional kategori pengelolaan pembangunan jalan terbaik.

Bupati Gowa dua periode ini dalam pidatonya juga mejelaskan Pemkab Gowa saat ini menyusun program untuk merevitalisasi beberapa objek wisata yaitu makam raja-raja Gowa, kawasan makam Sultan Hasanuddin, makam Syekh Yusuf, makam Aru Pallaka, kawasan Mesjid Tua Katangka serta Bungung Lompoa.

Bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi program kebutuhan dasar Pemkab Gowa juga dilaporkan Bupati Gowa. Pencanangan Program Kelas Tuntas Berkelanjutan yang akan terus berlanjut hingga tahun ini. Serta kesehatan yang terus bersinergi dengan program Keluarga Berencana. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 + = 37