Sekretaris Daerah Kab Gowa H Muh Yusuf Sommeng menerima kunjungan Gubernur Negeri Malaka, Malaysia Tuan Yang Terutama Yang Dipertua Negeri Malaka Tun Datuk Sri Utama Mohammad Khalil Bin Yakoop di Museum Istana Balla Lompoa. –foto/humas-

SUNGGUMINASA— Sekretaris Daerah Kab Gowa H Muh Yusuf Sommeng didampingi Ketua DPRD Kab Gowa H Ansar Usman menerima kunjungan Gubernur Negeri Malaka, Malaysia Tuan Yang Terutama Yang Dipertua Negeri Malaka Tun Datuk Sri Utama Mohammad Khalil Bin Yakoop beserta rombongan Ahli Lembaga Pengarah Perbadanan Muzium Malaka (Perzim) di Museum Istana Balla Lompoa, Rabu (20/7).

Gubernur Negeri Malaka, Malaysia bersama rombongan didampingi oleh para pejabat dan staf dari Dinas Kebudayaan danPariwisata Provinsi Sulawesi Selatan disambut hangat di Istana peninggalan Kerajaan Gowa. Penerimaan ini dihadiri Ketua Pemangku Adat Andi Makmun Bau Tayang Krg. Bontolangkasa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Gowa Rimba Alam A Pangerang dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa yang turut hadir dengan menggunakan pakaian adat.

Tuan Yang Terutama Yang Dipertua Negeri Malaka Tun Datuk Sri Utama Mohammad Khalil Bin Yakoop menjelaskan tujuannya ke Kabupaten Gowa untuk melakukan silaturahmi dan mengenang kembali sejarah kedua wilayah. Selain itu, Gubernur Negeri Malaka ini juga mengungkapkan perasaannya yang sangat kagum dengan konsep bangunan Museum Istana Balla Lompoa, sebagaimana diketahui bahwa telah terjalin hubungan kekeluargaan yang erat antara Kerajaan Gowa dengan Kesultanan Malaka.

Sebelum melakukan kunjungan di Gowa, rombongan ini berkunjung di Kab Bulukumba dan Kab Bone. Bahkan dalam kunjungannya di Museum Istana Balla Lompoa, rombongan ini menyempatkan diri meninjau benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Gowa yang asli dan masih terawat dengan rapi.

Sekretaris Daerah Kab Gowa H Muh Yusuf Sommeng dalam sambutan penerimaannya mengatakan, kunjungan ini membuka tabir yang sudah lama terpendam dalam sanubari masyarakat Gowa karena adanya kaitan emosional antara masyarakat Gowa dan masyarakat Malaysia, dimana kedua negara tersebut saling menjunjung persahabatan yang lebih erat tali kekeluargaan kedua negara pada masa yang akan datang utamanya kerjasama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Gowa.

Diakhir kunjungan kedua pimpinan daerah ini saling menukar cinderamata dari daerah mereka masing-masing.(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

48 − = 40