Haulan 385 Syekh Yusuf Al Makassary

Sungguminasa — Malam silaturahmi keluarga besar Syekh Yusuf Al Makassary diperingati di Istana Tamalate (8/9). Perayaan ini merupakan puncak serangkaiuan kegiatan Haulan 385 Syekh Yusuf yang telah berlangsung sejak bulan Juli .

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sulsel,H. A. Suaib Mallombasi, Wakil Bupati Gowa, H Abd Razak Bajidu, Ketua DPRD Gowa, H. Ansar Usman, Ketua IKSYAM, Prof.Dr. P Paturungi Dg Tobo menghadiri kegiatan ini. Anggota DPRD Gowa beserta pimpinan SKPD turut hadir bersama dengan keluarga besar Syekh Yusuf yang datang dari Gowa, Takalar dan Makassar.

Syekh Yusuf merupakan tokoh ulama,sufi, pejuang besar yang dikenal dan selalu dikenang di Indonesia dan Afrika Selatan. Jejak langkah ketokohannya diceritakan oleh Ketua Ikatan Keluarga Syekh Yusuf Al Makassary (IKSYAM).

Pemerintah daerah Gowa mengharapkan keluarga besar dapat menjadi motor penggerak mewujudkan nilai budaya Islam harapan ini disampaikan Wakil Bupati dalam sambutannya. “ Kalangan keluarga besar juga diharapkan berperan aktif memberikan dukungan, partisipasi dalam pelaksanaan pembangunannya,” ujar Abd Razak Bajidu.

“Saya berharap tahun berikutnya haulan Syekh Yusuf bisa berlangsung lebih semarak. Bisa dalam konsep festival Syekh Yusuf,” ujar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sulsel.

Malam silaturahmi ini juga dirangkaikan dengan pelantikan IKSYAM untuk komunitas Katangka, Sapanjang dan Galesong oleh Ketua umumnya Prof.Dr. P Paturungi. Peringatan ini diakhiri dengan hikmah halal bi halal yang dibawakan Drs. KH. Abd Hamid Assegaf (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 5 = 25