Ichsan Menggalang Sinergitas Notaris Gowa dan Perbankan

Sungguminasa— Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo menggelar pertemuan sekaligus makan siang dengan pimpinan perbankan serta Notaris Gowa. Pertemuan ini berlangsung di RM. Bahari, Makassar (25/10).

Hadir dalam pertemuan ini A. Muhammad Rahmat, Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Pimpinan Wilayah BTN, Pimpinan Cabang Gowa Bank BRI, BNI serta Bank Mandiri. Selain itu semua notaris/pejabat PPAT yang bertugas di wilayah Gowa turut menghadiri pertemuan yang berlangsung hangat ini.

Ichsan Yasin Limpo mengundang mereka dalam rangka memfasilitasi hubungan perbankan dan notaris Gowa sehingga lebih bersinergi. Pada beberapa kejadian notaris Gowa hanya sebagai peminjaman stempel atau meminta nomor oleh notaris daerah lain guna melakukan pengikatan nasabah bank. Hal ini menjadi momok sendiri bagi notaris Gowa karena terhalangi tingkat profesionalnya.

“Pertemuan ini untuk lebih menteraturkan sistem pengikatan dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Bank dan Notaris Gowa,” urai Bupati Gowa. “Notaris yang digunakan seharusnya berdasarkan lokasi kerja sehingga tidak terjadi lagi peminjaman stempel atau meminta nomor di notaris Gowa. Saya berharap notaris Gowa bisa mencapai percepatan secara komersil dan profesional.” harapnya.

Pihak pemimpin perbankan sendiri sepakat untuk menggunakan notaris untuk pengikatan berdasarkan lokasinya. “Kami setuju notaris berdasarkan lokasinya sangat membantu kami,” jelas Direktur Bank Sulselbar. “Mungkin yang perlu diperhatikan oleh Notaris Gowa agar bisa tertib administrasi seperti daerah lain,” harap Pimwil BTN.

Para notaris diminta untuk membuat sebuah sistem untuk pencegahan peminjaman stempel atau meminta nomor di notaris Gowa sekaligus merumuskan sanksi yang akan diberikan. Selain itu membuat sebuah skema untuk pemerataan notaris di Gowa. Rumusan ini nantinya akan dibahas dipertemuan selanjutnya dengan pihak perbankan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 3