Bontonompo Selatan- Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo memberi kabar gembira bagi masyarakatnya. ” Kabupaten Gowa di APBD Perubahan tahun 2013 berhasil meraih surplus hingga 70 Milyar rupiah. Jika daerah lain banyak yang mengalami defisit, maka kita bersyukur karena bisa meraih surplus. Salah satunya berkat sumbangsih dari percepatan penyelesaian pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh masyarakat,” kabar baik ini disampaikan Ichsan saat melakukan kunjungan kerja sekaligus Halal Bi Halal di Kecamatan Bontonompo Selatan, Bontonompo dan Bajeng bertempat di Dusun Allu, Desa Sengka, Kec Bontonompo Selatan, Sabtu (14/9).

Surplus keuangan sekitar 70 Milyar rupiah ini dapat dibelanjakan kembali untuk pembangunan infrastruktur di daerah ini. “Pemkab Gowa akan membelanjakan sekitar 55 Milyar rupiah untuk pembangunan infrastruktur di dataran rendah. Pertimbangan memilih dataran rendah agar kegiatan ini bisa terselesaikan di akhir tahun 2013 ini,” jelas Bupati dua periode ini dihadapan masyarakat tiga kecamatan.

Namun di tahun depan direncanakan belanja pembangunan infrastruktur untuk dataran tinggi akan lebih besar. “Jadi jangan heran kalau anggaran berikutnya dataran tinggi dapat alokasi dana yang lebih besar. Semua ini agar semua daerah mendapatkan asas keadilan pembangunan,” tambah Ichsan dihadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Sebagai ungkapan penghargaan akan percepatan pelunasan PBB maka di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) maka desa dan kelurahan yang pelunasannya lebih cepat dari target Hari Jadi Gowa, 17 Nov 2013 mendatang akan mendapatkan 20 juta rupiah per desa dan kelurahan sedangkan untuk kecamatan mendapat alokasi 15 juta rupiah. Selain itu, para kades dan lurah diberikan reward untuk mengikuti studi komperatif pengelolaan PBB di Jawa dan Bali.

Camat Bontonompo Selatan, Abdullah Sirajuddin didampingi Camat Bontonompo, Irwan dan Camat Bajeng Barat, Muh Rusdi dalam sambutan penerimaan rombongan menjelaskan keberhasilan pelaksanaan pembangunan termasuk keberhasilan Bontonompo Selatan menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Gowa yang mampu meyelesaikan Pembayaran PBB sebelum target karena dukungan masyarakatnya.

Selain ke Bontonompo Selatan, kunjungan kerja berlanjut ke Kec Pallangga untuk bertemu dengan masyarakat Kec Pallangga, Bajeng, Barombong dan Somba Opu
(*)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

× 4 = 40