Ichsan YL Menyerahkan RAPBD Gowa 2012

SUNGGUMINASA — Penghujung tahun 2011, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab Gowa Tahun Anggaran 2012. Penyerahan berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Gowa di Ruang Rapat DPRD Gowa, (21/12).

Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo didampingi Wakil Bupati Gowa, H.Abd Razak Bajidu menyerahkan rancangan APBD Gowa 2011 kepada Ketua DPRD Gowa, H. Ansar Usman. Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Sekretaris Daerah, H. Yusuf Sommeng, anggota DPRD Gowa serta pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Pendapatan Daerah Tahun 2012 diarahkan pada upaya peningkatan pendapatan daerah dari setiap sumber pendapatan melalui perkiraan yang terukur dan secara rasional. “ Target ini akan dicapai tanpa memberatkan dunia usaha dan masyarakat. Peningkatan pendapatan dilakukan dengan mempertimbangkan realisasi penerimaan tahun lalu, potensi dan asumsi pertumbuhan ekonomi,” jelas Ichsan YL dalam pengantar nota keuangan yang dibawakannya.

Pada kesempatan yang sama orang nomor satu di Gowa ini juga mengungkapkan kalau permasalahan utama belanja daerah tahun 2012
adalah penyerapan anggaran pada belanja pegawai terutama gaji. Oleh karenanya Pemkab Gowa akan melakukan rasionalisasi terhadap usulan program dari setiap SKPD berdasarkan skala prioritas, efisiensi dan efektivitas terhadap capaian program dan indikator kinerja.

Bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi program utama masa kepemimpinan pediode kedua Ichsan YL- Abd Razak Bajidu tetap berlanjut di kebijakan umum RAPBD 2012. “ Prioritas utama program pembangunan adalah bidang pendidikan, kesehatan dan bidang pembangunan yang dapat mengacu peningkatan indeks daya beli masyarakat Kab Gowa,” ungkap mantan anggota DPRD Sulsel ini.

Rencana Pendapatan Daerah sebesar Rp. 821.387.344.641 sedangkan rencana Belanja Daerah Rp. 829.269.832.287. Terjadi defisit pendapatan sebesar Rp. 7.882.487.646, namun kondisi ini tertutupi dari dana berimbang yang dalam perencanaan akan mengalami surplus sebesar defisit rencana belanja daerah.

Nota keuangan dan Ranperda ini selanjutnya akan dibahas oleh wakil rakyat di DPRD Gowa. Pemandangan umum fraksi dijadwalkan akan berlangsung Jumat (23/12). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 6