Sungguminasa— Bupati Gowa, H.Ichsan Yasin Limpo menekankan Kecamatan Pattallassang sudah pasti akan menjadi ibukota Kab Gowa. “Pattallasang sudah dipersiapkan dengan matang untuk menjadi ibukota. Bahkan DPRD Kab Gowa telah menyetujui perpindahan ini. Sungguminasa yang sekarang menjadi ibukota akan menjadi kota sejarah.” urai Ichsan pada acara halal bi halal yang berlangsung di Lapangan sepak bola Kec Pattallasang Senin(9/9).

Pemilihan kecamatan ini sebagai ibukota dianggap tepat dengan berbagai pertimbangan. ” Pattallassang dekat dengan sub pertumbuhan maminasata. Berada pada jalur jalan bypass yang akan dibuat menghubungkan makassar Gowa dan Maros. Selain itu pemilihan ini akan menjamin hingga 20 tahun ke depan Makassar tidak bisa memperbesar daerahnya hingga ke Gowa.” Jelas orang nomor satu di Gowa ini dihadapan Camat dan warga kec Pattallassang, Manuju, Parangloe dan Bontomarannu.

Dalam perencanaan pemindahan ibukota ini, Kantor Polres Gowa akan pindah terlebih dahulu ke Pattallassang. Saat ini berada dalam proses santunan untuk lahan. Pemindahan Polres selain untuk persiapan ibukota Kab Gowa sekaligus peningkatan keamanan masyarakat karena pertumbuhan penduduk, wilayah dan pembangunan yang semakin meningkat di wilayah ini.

Bupati dua periode ini juga menjelaskan selain sebagai pusat pemerintahan Pattallasang akan menjadi tempat yang nyaman untuk berinvestasi dan ditinggali. ” Pemkab berusaha menyiapkan infrastruktur salah seperti jalan. Jalan-jalan yang lebar sehingga akan mempermudah dan mempercepat akses masyarakat terutama bagi mereka yang akan menuju Bandara dan malino. Tahun ini disemua titik jalan Pattallassang akan dipasangkan lampu jalan. Semua untuk persiapan pemindahan ibukota,”tambahnya.

Kelak Kenyamana sebagai tempat tinggal juga didukung dengan kesediaan air dan listrik. Saat ini PDAM Gowa telah membangun 2 IKK sehingga diprediksi mampu mensuplai keteresediaan air bagi masyarakat hingga 2025. Sedangkan untuk listrik, saat ini PLN akan membangun gardu induk di Bollangi untuk ketersediaan listrik 25 MW untuk daerah Pattallassang dan sekitarnya.

Camat Pattalassang Andi Sura, dalam laporannya mengucapkan banyak terima kasih atas keberpihakan bupati Gowa dalam membangun kecamatan Pattallassang. (***)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

+ 82 = 92