Ichsan YL : Selesaikan Piutang PBB 2012

Ket Gambar: Kepala Kantor Pajak Pratama (KPP) Bantaeng, Syamsinar menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo atas keberhasilan pemkab Gowa sebagai penyumbang terbesar dalam pencapaian target PBB-P2 tahun 2012

Sungguminasa —- Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo menginstruksikan Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk menyelesaikan piutang Pajak Bahan Bangunan sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2).” Saya meminta bantuan seluruh Camat, lurah dan kepala desa agar bisa meyelesaikan piutang PBB tahun 2012. Pemkab Gowa menargetkan enam bulan untuk penyelesaian ini,” urai Ichsan pada saat serah terima pengelolaan PBB sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) sebagai pajak daerah berlangsung di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Jumat (4/1).

Piutang Pajak Bahan Bangunan 2012 di kab Gowa sebesar 14 M, kondisi ini akan berpengaruh terhadap neraca keuangan Pemkab Gowa jika tidak terselesaikan secepatnya. “ Penyerahan pengelolaan PBB kepada Pemkab Gowa maka secara otomatis piutang 14 M masuk ke dalam neraca keuangan Pemkab Gowa. Jika tidak terselesaikan secepatnya maka akan menganggu neraca,”tambah Bupati dua periode ini
Ichsan menjanjikan jika piutang ini bisa terselesaikan sesuai target maka dalam anggaran perubahan akan dikembalikan kepada Kecamatan, Kelurahan dan Desa dalam bentuk kegiatan sebesar 50 persen.

Serah terima pengelolaan PBB sektor perkotaan dan pedesaan (PBB-P2) sebagai pajak daerah dari Direktor Jendral Pajak Kementrian Keuangan kepada Pemkab Gowa merupakan yang pertama diSulawesi Selatan. PBB yang selama ini dikelolah Direktorat Pajak Kementrian melalui Kantor Pajak Pratama (KPP) Bantaeng sejak hari ini akan menjadi tanggung Pemkab Gowa untuk dikelola.

Kepalala Kantor Pajak Pratama (KPP) Bantaeng, Syamsinar menegaskan Gowa memiliki potensi PBB yang sangat besar. “ Gowa menjadi penyumbang terbesar PBB yang dikelola KPP Bantaeng sebesar 40%. Daerah ini selalu menempati posisi pertama dalam hal pencapaian bahkan selalalu mencapai targer sebelum jatuh tempo,” jelasnya disambut aplaus dari undangan yang menghadiri acara ini.

Selain serah teriam pengelolaan PBB, Bupati Gowa juga menerima piagam penghargaan atas keberhasilan pemkab Gowa sebagai penyumbang terbesar dalam pencapaian target PBB-P2. Data dari KPP Bantaeng, Kabupaten Gowa hingga Desember 2012 berhasil mengumpulkan 9 Milyar dari targer 5,1 Milyar dalam persentase sebesar 174 %. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 87 = 96