Jaga Kelestarian Lingkungan, Warga Diminta Budayakan Gerakan Go Green

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melakukan penghijauan, di Manuju, Jumat, (10/1)

Humas, Gowa – Menjaga kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan asri bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah daerah. Melainkan seluruh stakeholder terutama masyarakat.

Langkah yang dilakukan pun dengan membudayakan hingga berperan dalam mensosialisasikan gerakan go green melalui proses penghijauan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, gerakan go green ini bisa dilakukan mulai dari membiasakan diri menanam pohon. Memanfaatkan wilayah-wilayah yang sudah tidak ditumbuhi pohon atau yang telah mengalami pengalihan fungsi lahan.

Olehnya, ia sangat mengapresiasi langkah satuan kepolisian yang mengagas program Polri Peduli Penghijauan.

“Saya yakin dengan program ini, setidaknya hutan-hutan yang telah gundul ini mampu kita lestarikan kembali. Dengan kita menjaga alam, maka alam pun akan menjaga kita,” katanya di sela-sela menanam pohon bersama jajaran Polres Gowa dan Muspida Gowa serta masyarakat di Desa Manuju, Kecamatan Manuju, Jum’at (10/10).

Adnan mengakui, dengan melakukan gerakan go green melalui aksi penanaman pohon ini tujuannya tidak lain untuk terus menjaga ekosistem yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, terkhusus di Kecamatan Manuju.

“Kita tahu bersama bahwa pohon-pohon itu ketika dia besar, dia akan menghasilkan oksigen untuk kita hirup dan akan mendatangkan air untuk kita konsumsi. Makannya, mari kita jaga sama-sama untuk anak cucu, kemanakan kita kedepan. InsyaAllah dikemudian hari oksigen dan air yang ada pada pohon ini dapat tetap terjaga,” harap Bupati Adnan.

Sementara, Kapolres Gowa AKBP Boy F.S Samola menyebutkan, Desa Manuju menjadi lokasi ketiga wilayah sasaran penghijauan. Lauching program Polri Peduli Penghijauan pun serentak dilakukan di seluruh Indonesia

“Kita memiliki tugas dan peran bersama-sama dalam menjaga kelestarian lingkungan wilayah kita. Semoga ini dapat memberikan manfaat panjang untuk generasi kita nantinya,” katanya.

Pada gerakan penanaman pohon ini jajaran Polres Gowa menyiapkan sekitar 2.000 bibit pohon yang disebar di tiga kecamatan. Masing-masing Kecamatan Pattallassang, Kecamatan Parangloe dan Kecamatan Manuju. Adapun bibit pohon yang ditanam antara lain Pohon Mahoni, Pohon Jati Putih dan beberapa jenis pohon lainnya. (VH/CH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =